Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jusuf Kalla dan Farel Prayoga Akan Ramaikan Pembukaan Jumbara Nasional di Lamsel

Senin, 03 Juli 2023 | Senin, Juli 03, 2023 WIB Last Updated 2023-07-03T07:36:32Z

 


MP Lamsel -- Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) HM Jusuf Kalla dijadwalkan membuka kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) ke-IX tingkat nasional di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) tanggal 4 Juli 2023.


Hal itu, dibenarkan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Eka Riantinawati saat dijumpai di lokasi Jumbara di GOR Way Handak, Kecamatan Kalianda, Minggu (2/7/23).


"Direncanakan pembukaan Jumbara ke-IX tingkat nasional oleh pak Jusuf Kalla, insyaAllah beliau akan hadir langsung nanti diperkirakan jam 08.00 WIB sudah akan membuka di lokasi," kata Eka Riantinawati.


Eka Riantinawati juga mengkonfirmasi, ihwal kehadiran artis cilik Farel Prayoga yang akan tampil menghibur peserta Jumbara.


"Akan dihibur juga oleh artis cilik Farel Prayoga, karena peserta kita ini dari anak-anak sekolah SD, SMP, SMA jadi harapan kita kedatangan Farel Prayoga akan menambah keceriaan anak-anak yang nanti akan berkemah di Lampung Selatan," sambungnya.


Eka Riantinawati merincikan, kegiatan Jumbara dilaksanakan dari tanggal 2 sampai dengan 10 Juli 2023 dan diikuti oleh kontingen dari 34 provinsi serta 12 negara.


"Ahamdulillah sampai hari ini tenda sudah 100 persen terpasang untuk seluruh 34 provinsi 34 kontingen dan 12 negara, diperkirakan yang akan hadir di Lampung Selatan sekitar 4 ribuan peserta. Sudah 95 persen atau hampir 3 ribuan peserta, sudah datang di Lampung Selatan. Negara luar itu ada 52 orang negaranya itu Amerika Serikat, Italia, Vietnam, Singapura, Laos, Malaysia, Australia, Kamboja, Hongkong terus Brunei Darussalam," urainya.


Eka Riantinawati menyebutkan, panitia telah menyiapkan sejumlah 120 unit sarana MCK dan 6 titik sumur bor untuk mencukupi kebutuhan air para peserta Jumbara.


"MCK sudah disiapkan 120 unit ditambah dengan MCK yang memang sudah ada di Agro Wisata, untuk air kita juga sudah bangun 2 titik bor baru selain memang 4 titik bor yang sudah ada, alhamdulillah bor sudah 6 titik ditambah sarana PDAM memang sudah ada disini. Ditambah kita standby-kan water supply dari PDAM, maupun dari Damkar provinsi maupun kabupaten," cetus Eka Riantinawati.


 Dijadwalkan, sampai jam 24.00 malam ini kedatangan kontingen terus berlangsung, lalu Senin esok (3/7), jam 15.00 WIB, akan diadakan parade budaya.


"Diikuti 34 provinsi dan 12 negara sahabat, sekitar 1.100 peserta yang akan ikut parade budaya. Di tanggal 3 Juli malam, kita ada kegiatan gala dinner ucapan selamat datang pak Bupati Lampung Selatan di Aula Sebuku," tandas Eka Riantinawati.


Seorang pengunjung asal Kalianda bernama Cici, melontarkan pujian usai berswa-foto di stand Provinsi Bali.


"Kalau pendapat saya bagus, terus pas masuk serasa Bali beneran ya. Karena memang kesiapannya juga dari awal sempurna ya sudah maksimal, yang lain belum 100 persen (stand provinsi)," ujar Cici.


Cici merasa puas dengan sambutan yang ramah di stand Provinsi Bali, ditambah mereka juga menyediakan suvenir atau oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.


"Kita bisa belanja disini, kan ibu-ibu suka belanja nggak perlu jauh-jauh ke Bali langsung aja kesini," imbuh Cici.


Cici lantas mengajak masyarakat untuk mengunjungi lokasi Jumbara ke-IX tingkat nasional, tepatnya dibelakang GOR Way Handak dan sudah ada stand-stand dari 34 provinsi termasuk Provinsi Bali.


"Tapi jangan lupa, karena nanti di tanggal 4 Juli akan ada pembukaan dari 34 provinsi di Indonesia, jadi kita kayak jalan-jalan di miniaturnya Indonesia disini," pungkas Cici.


Jumpa, Bakti dan Gembira (Jumbara) merupakan ajang bertemunya perwakilan anggota Palang Merah Remaja (PMR) PMI di seluruh Indonesia untuk saling bertukar informasi, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman.


Jumbara dilaksanakan di tiap tingkatan PMI. Pada tingkat Kabupaten/Kota dilaksanakan tiap 2 tahun sekali, tingkat Provinsi tiap 4 tahun sekali dan tingkat nasional tiap 5 tahun. (Sho/Az)

×
Berita Terbaru Update