Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

UPT Puskesmas Way Urang Ajak Masyarakat Ikut Donor Darah

Rabu, 24 Mei 2023 | Rabu, Mei 24, 2023 WIB Last Updated 2023-05-24T13:02:02Z

 


MP Lamsel -- Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) kegiatan yang di fasilitasi oleh UPT puskesmas Way Urang kecamatan Kalianda Lampung Selatan dalam rangka meningkatkan peran aktif suami, keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya komplikasi pada saat hamil yang bertempat di Aula puskesmas setempat Rabu, (24/5/2023) 


Bersalin dan nifas, termasuk perencanaan menggunakan metode Keluarga Berencana (KB) pasca persalinan dengan menggunakan stiker P4K sebagai media pencatatan sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir. 


Ka UPT Puskes yang diwakili ka subag TU Yuliana dalam sambutannya mengatakan cara sosialisasi ini di hadir 14 kepala Desa serta bidan desa wilayah kerja UPT Puskes kecamatan kalianda. 


Sosialisasi program P4K kami mengajak kepada kepala desa untuk mensosialisasikan kepada warga masyarakatnya untuk ikut menjadi pendonor darah minimal dua orang atau lebih dari masing masing desa. 


Kedepan akan dibentuk Teamwork kerja bersama semua pihak untuk mempercepat dan lebih efisien dan antusias warga untuk menjadi pendonor. 


Tujuan dari program tersebut untuk meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan serta persalinan bagi ibu sehingga melahirkan bayi yang sehat.


Adapun jenis-jenis dari proses program tersebut meliputi Pendataan seluruh ibu hamil yang ada di Desa, Pemasangan stiker P4K di setiap rumah ibu hamil, Membuat perencanaan persalinan melalui penyiapan seperti tempat persalinan, pendamping persalinan, transportasi persalinan yang akan digunakan, dan sebagainya.


Yanfauzi.S.H Lurah Way lubuk afrisiasi acara sosialisasi P4K donor darah untuk membantu ibu hamil yg membutuhkan darah saat persalinan, karena menurutnya satu tetes darah yang kita berikan bagi yang membutuhkan bisa menyelamatkan satu nyawa, ucapnya (Sho)

×
Berita Terbaru Update