Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Malam Grand Final Muli Mekhanai Pesisir Barat, Bupati Agus Istiqlal Berharap Agar Bisa Jadi Contoh

Sabtu, 18 Maret 2023 | Sabtu, Maret 18, 2023 WIB Last Updated 2023-03-22T04:00:45Z
Foto. Ist

MP Pesisir Barat - Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., membuka secara resmi acara Grand Final Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2023 dengan Tema “Bangkit Bersama, Maju Bersama Muli Mekhanai Pesisir Barat” yang digelar Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pemkab) melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat dengan diikuti oleh 78 peserta dari 11 Kecamatan, bertempat di Gedung Serbaguna Selalaw (GSG) Labuhan Jukung. Kecamatan Pesisir Tengah. Sabtu malam (18/03/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat sekaligus Dewan Juri, Septi Istiqlal, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat sekaligus Ketua Pelaksana, I Nyoman Setiawan, S.E., M.M, Perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Wakil Ketua I DPRD Pesisir Barat, Ripzon Efendi, S.Sos, Forkopimda Pesisir Barat, Perwakilan Bank Lampung Cabang Krui, Camat Se-Kabupaten Pesisir Barat, para Dewan Juri, seluruh peserta pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Pesisir Barat, dan lapisan masyarakat yang ikut Menyaksikan Grand Final Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Pesisir Barat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H, atas nama Pemkab Pesisir Barat menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat berkompetisi untuk para peserta Muli Mekhanai yang berasal dari 11 Kecamatan Se-Kabupaten Pesisir Barat. Beliau berharap, dengan adanya ajang pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2023, diharapkan terpilihnya figur atau pun peran yang mampu menjadi seorang promotor dan mampu mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Barat dengan baik.

"Atas nama Pemkab Pesisir Barat, kami mengucapkan selamat datang dan selamat berkompetisi. Kami berharap, semoga keikutsertaan ananda semua pada acara ini, menjadi cikal bakal untuk ananda terus berprestasi sebagai duta daerah, duta Bangsa dan duta Negara kedepannya", tandas Bupati

Bupati Pesisir Barat memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat yang telah mempersiapkan segala sesuatunya demi suksesnya acara ini. Beliau juga berharap, semoga melalui ajang ini kita dapat memilih Muli Mekhanai Kabupaten Pesisir Barat yang tidak hanya sebagai pelengkap dan pemanis acara seremonial belaka, namun harus menjadi contoh bagi anak-anak muda di Kabupaten Pesisir Barat ini, serta dapat menjadi duta pariwisata dalam mempromosikan kebudayaan di manapun nantinya mereka berada.

"Apresiasi kami berikan kepada Dinas Pariwisata yang telah mensukseskan kegiatan ini. Besar harapan kami kepada ananda para finalis Muli Mekhanai Kabupaten Pesisir Barat, siapapun yang nantinya dinyatakan sebagai juara, jadilah para duta wisata yang aktif berkarya dan berkontribusi dalam kemajuan pariwisata Kabupaten Pesisir Barat", tambahnya

Dalam kegiatan pemilihan Muli mekhanai kabupaten pesisir barat malam ini merupakan grand final dengan 10 besar peserta Muli mekhanai dengan jumlah peserta 10 Muli, 10 mekhanai, dan dilanjutkan dengan pemilihan 5 besar serta diakhiri dengan juara 1, 2, dan 3.

Pemenang juara 1 mekhanai atas nama Refli Andhika dengan nomor peserta 13, juara 2 atas nama Mei Ramdo Putra N dengan nomor peserta 05, juara 3 atas nama M Nevaldy Oap dengan nomor peserta 01.

Sementara juara 1 untuk muli dimenangkan atas nama Nurul Aunalia M dengan nomor peserta 02, juara 2 dimenangkan atas nama Claura Emilia dengan nomor peserta 08, dan juara 3 dimenangkan atas nama Adelia mini P dengan nomor peserta 06.

Wakil ketua 1 DPRD pesisir barat, Ripzon Effendi yang sekaligus sebagai juri Muli mekhanai menyampaikan untuk ajang festival Muli mekhanai ini memang kita sepakat karena pertama daerah kita adalah daerah wisata untuk mencari SDM yang berkompeten untuk menjadi duta wisata, menjadi guid dan dengan ajang ini kita bisa mendapat SDM yang mempuni dibidang wisata, kuliner, dan untuk pemenang ada beberapa katagori serta untuk pemenang benar benar menguasai bidang pariwisata, tentang destinasi, kuliner, UMKM, kearipan lokal dan juga lokasi lokasi wisata yang ada di pesisir barat ini, serta bisa Muli mekhanai pesisir barat dapat  mempromosikan wisata dan membawa pesisir barat ini lebih baik lagi Dimata nasional maupun dunia, jelas ripzon Effendi

Kepala Dinas Pariwisata, I Yoman Setiawan menyampaikan "saya malam ini sangat bergembira sekali dari proses awal diluar dugaan kita, ternyata peserta banyak sekali terkhusus di sepuluh besar ini sangat luar biasa untuk anak - anak kita kabupaten pesisir barat, malam ini kita mendapatkan bakat yang luar biasa dengan ini akan kita kirim ke provinsi," ujarnya.

"Terus mengembangkan diri dan bakat bakatnya untuk pemenang karena persaingan kedepannya akan lebih berat dan bakat - bakat yang selama ini sudah ada harus terus tingkatkan lagi bila ada kekurangan harus ditambah dan kembangkan serta harus di tingkatkan, untuk kabupaten pesisir barat sendiri untuk adek - adek ini terus tingkatkan untuk promosikan kebudayaan dan pariwisata pesisir barat ini, untuk kabupaten pesisir barat sendiri mohon dukungannya untuk adek - adek kita ini," lanjut Nyoman.

Refli Andika sebagai juara 1 mekhanai mengatakan sangat bangga apalagi malam ini mendapatkan amanah dari duta pemilihan  muli mekhanai  di kabupaten pesisir barat dengan mendapatkan juara 1, dan harapan kedepannya saya harap untuk muli mekhanai yang ada di kabupaten pesisir barat ini dapat berpartisipasi untuk mempromosikan wisata dan kuliner yang ada di pesisir barat dengan meningkatan kualitas sumberdaya Muli mekhanai pesisir barat khusunya.

Dikesempatan yang sama juara 1 Muli Nurul aunalia M menyampaikan "ayo untuk para Muli mekhanai pesisir barat kita bersama sama mempromosikan wisata pesisir barat terkhusu untuk masyarakat luar mengunjungi pesisir barat serta mengajak mulai mekhanai untuk melestarikan budaya permainan adat pesisir barat agar selalu menjaga budaya kita". Ujar Nurul (Rido)
×
Berita Terbaru Update