Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

SD N 2 Way Dadi Bentuk Tim Perlindungan Anak Guna Mengurangi Angka Kekerasan Terhadap Anak

Sabtu, 22 Oktober 2022 | Sabtu, Oktober 22, 2022 WIB Last Updated 2022-10-22T09:42:29Z

MP Bandar Lampung - Mengurangi jumlah angka kekerasan terhadap anak di Kota Bandar Lampung, SD Negeri 2 Way Dadi akan membentuk Tim Perlindungan Anak Sekolah di SD tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekolah SD Negeri 2 Way Dadi, Sumiati usai menerima Sosialisasi Perlindungan Anak dan Hak Anak, Sabtu (22/10/2022).

"Saya punya program kepada anak-anak, Insyaallah kami akan bentuk tim untuk perlindungan anak SD N 2 way dadi bekerjasama dengan Walikelas, Komite, dan Walimurid," ujar Kepala Sekolah SD N 2 Way Dadi, Sumiati.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sangat mensuport kegiatan yang dilakukan untuk perlindungan anak agar lebih mengetahui tentang perlindungan anak dan hak apa saja yang harus didapatkan oleh anak-anak.

"Kita harus tau hak anak itu apa. Salah satu nya harus mendapatkan pendidikan yang layak dan mendapatkan perlindungan. Kemudian bagian tubuh anak yang tidak boleh di sentuh, karena anak-anak kadang gak ngerti bagian tubuh apa yang boleh di sentuh dan tubuh mana yang tidak boleh di sentuh," paparnya.

"Karena anak-anak SD khususnya disini, kita itu sangat rawan anak-anak seperti tadi gak ngerti apa itu bahayanya seksual. Salah satunya yaitu pencegahannya melalui bagian tubuh yang tidak boleh di sentuh oleh orang lain," tambahnya.

Ia mengatakan bahwa akan melakukan sosialisasi kepada pihak komite dan walimurid tentang perlindungan anak dan hak yang harus di dapatkan oleh anak.

"Insyaallah kedepannya saya akan melibatkan ketua komite dan Walimurid, agar walimurid itu harus tau hal seperti ini bukan hanya guru saja dan murid, walimurid dan masyarakat juga harus tau, supaya mencegah terhadap kekerasan pada anak salah satunya perlindungan anak," tuturnya.

Mengenai program pembentukan Tim Perlindungan Anak Sekolah, ia mengatakan akan melaksanakan sebelum pembagian raport di semester ini.

"Saya akan menindaklanjuti sebelum bagi raport, saya akan memanggil salah satu tim dari Komnas PA dan akan menyampaikan serta menguatkan akan pentingnya hak anak dan perlindungan kepada anak," tandasnya.

Kemudian, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Kota Bandar Lampung, Ahmad Aprilliandi Passa mengatakan, ini merupakan sosialisasi kesekian kalinya yang dilakukan oleh pihaknya untuk menyambangi sekolah guna memberikan edukasi kepada anak terhadap perlindungan anak dan hak-hak yang harus dimiliki oleh anak.

"Ini merupakan kesekian kalinya kami melakukan sosialisasi di sekolah untuk memberikan edukasi kepada anak. Dan Alhamdulillah kehadiran kami sangat di sambut dengan baik oleh pihaknya sekolah dan penerapan nya dari pihak sekolah sangat terlihat," ujarnya.

Ia berharap, Sekolah di Bandar Lampung dapat segera menerapkan sekolah ramah anak, dimana saat anak-anak berada dilingkungan sekolahnya bisa merasa nyaman dan aman.

"Kami berharap sekolah-sekolah di Bandar Lampung akan segera menerapkan sekolah ramah anak agar anak-anak bisa nyaman saat belajar dan bermain tanpa ada rasa takut dan trauma," paparnya. (NR)
×
Berita Terbaru Update