Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peringatan Hari Bhayangkara, Jokowi: Rasa Keadilan Harus Dirasakan Rakyat

Selasa, 05 Juli 2022 | Selasa, Juli 05, 2022 WIB Last Updated 2022-07-05T05:10:45Z


MP Semarang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajaran Kepolisian untuk menghadirkan rasa keadilan di tengah masyarakat. Hal itu disampaikan Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Ke-76 Hari Bhayangkara Tahun 2022 di Semarang.


“Saya perlu mengingatkan, rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan oleh rakyat, harus dirasakan oleh masyarakat,” ucap Jokowi yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/7/22).


Mantan Walikota Solo ini menekankan Polri harus tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan mengutamakan upaya pencegahan. Tindakan polisi lanjut Jokowi harus lebih humanis dan tegas jika diperlukan.


“Jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir, harus taat prosedur, dan menjunjung tinggi hak asasi manusia,” tegas Jokowi.


Lebih lanjut, Jokowi menekankan bahwa tugas Polri ke depan masih banyak yang harus dituntaskan. Salah satunya terkait penanganan dan penanggulangan pandemi yang dilakukan secara gotong royong dari awal.


“Kedua, kita harus waspada terhadap ketidakpastian global, krisis energi, krisis pangan, dan krisis keuangan. Oleh sebab itu, Polri harus memastikan kamtibmas agar kita lebih kokoh dalam menghadapi tantangan-tantangan ini,” jelas Jokowi.


Selanjutnya, Jokowi meminta Polri mengantisipasi ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru. Sehingga Polri harus lebih maju dan inovatif.


“Oleh sebab itu, Polri harus lebih maju dibandingkan pelaku kejahatan. Polri harus terus berinovasi dan meningkatkan penguasaan teknologi,” ujar Jokowi.(*) 

×
Berita Terbaru Update