Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Percepatan Vaksinasi, Binda Lampung Bersama Dinas Kesehatan Laksanakan Vaksinasi Door To Door

Kamis, 23 Juni 2022 | Kamis, Juni 23, 2022 WIB Last Updated 2022-06-23T14:51:39Z


MP Lambar - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Lampung bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung hingga Kabupaten/Kota serta Puskesmas – Puskesmas di daerah untuk percepatan vaksinasi serentak di semua Kabupaten dan Kota Provinsi Lampung.


Vaksinasi menyasar semua kategori usia masyarakat meliputi anak 6 – 11 Tahun, remaja, dewasa dan lansia. Sementara, saat ini telah muncul varian baru yakni Omicron BA.4 dan BA.5. Binda Lampung berupaya mencegah penyebaran varian baru Coid 19 tersebut, Kamis (23/6/2022). 


“Presiden Joko Widodo meminta BIN melanjutkan percepatan vaksinasi dengan target seluruh lapisan masyarakat. Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo tersebut, Kepala BIN Bapak Jenderal Pol. (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H. M.Si. memerintahkan seluruh Binda untuk melakukan vaksinasi dengan target 40 juta dosis di seluruh Indonesia termasuk Binda Lampung dengan 1.440.000 dosis hingga akhir tahun 2022,” ujar Kabinda Lampung Iwan Satriawan.


Meskipun para ahli kesehatan menerangkan jika varian baru tersebut tidak memiliki bahaya seperti varian sebelumnya, Binda Lampung tetap mengantisipasi munculnya varian lain yang lebih berbahaya. Hal ini mendorong Binda Lampung untuk menggencarkan vaksinasi terutama pada vaksin ketiga (Booster) yang masih rendah di Provinsi Lampung.


“Pemerintah telah melonggarkan penggunaan masker saat berada di luar terbuka yang tidak ramai, tetapi vaksinasi terus kita lakukan agar kualitas kekebalan komunal masyarakat semakin meningkat, dan Alhamdulillah untuk Provinsi Lampung sudah mencapai target dari Presiden yaitu vaksin kedua sebesar 72,59 persen, sedangkan vaksin ketiga masih 13,16 persen. Kita kejar capaian vaksinasi ketiga sehingga proses transisi pandemi ke endemi dapat berjalan sesuai dengan harapan sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan lebih nyaman dan aman di masa kehidupan semakin mendekati normal saat ini,” Kata Kabinda Lampung.


Namun untuk itu, Binda Lampung mengharapkan kesadaran masyarakat di Provinsi Lampung bahwa vaksinasi hingga dosis ketiga sangat penting sebagai penguatan kekebalan imunitas masyarakat serta tetap menerapkan protokol kesehatan setidaknya dengan memakai masker dan mencuci tangan,” tutup Iwan Satriwan Kabinda Lampung. 


Dalam giat Vaksinasi yang diadakan BINDA Lampung bersama Masyarakat Pekon Way Empulau Ulu Kecamatan Balik Bukit yang dihadiri langsung oleh peratin Ahmad Kasmanto beserta perangkat desa lainnya.


Ahmad Kasmanto (Peratin Pekon Way Empulau Ulu) mengatakan, dengan cara jemput bola dengan Door To Door kepada masyarakat khususnya Lansia yang dilakukan BIN hari ini.


“Selain itu, warga datang sendiri setelah diberikan informasi kepada warganya melalui pengeras suara baik masjid atau musholah, dan juga memerintahkan aparat pekon serta RT untuk mendatangi warganya yang belum vaksin 1,2 dan booster ke Balai Pekon Way Empulau Ulu Kecamatan Balik Bukit,” tutupnya. (Azakih Harosih)

×
Berita Terbaru Update