Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hewan Ternak Terjangkit PMK Dinyatakan Kesembuhannya

Senin, 30 Mei 2022 | Senin, Mei 30, 2022 WIB Last Updated 2022-05-30T15:14:13Z

 


MP Tubaba - Hewan ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau foot and mouth disease di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) dinyatakan kesembuhannya. Senin, (30/5/2022). 


Kepastian itu didapat setelah dilakukannya uji laboratorium oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tubaba.


Diketahui sebelumnya, data dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tubaba mengkonfirmasi bahwa ada 6 kasus pada hewan ternak telah terinfeksi PMK. Lalu suspek berjumlah 55 ekor, dinyatakan sembuh 22 ekor, mati 1 ekor, dan 32 masih dalam perawatan.


Menindaklanjuti hasil kunjungan kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia, yang berlangsung di tiyuh (desa) Mulya Jaya, Kecamatan Gunung Agung beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Kabupaten Tubaba melalui Dinas Peternakan  dan Kesehatan Hewan berupaya keras melakukan penanganan.


Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Nazaruddin, M.M., menyampaikan bahwa, pihaknya telah berupaya mengoptimalkan untuk melakukan penanganan cepat terhadap PMK yang melanda Kabupaten Tubaba.


"kondisi saat ini per tanggal 29 Mei 2022 hewan yang dinyatakan terpapar PMK baik yang suspek maupun masih dalam perawatan sebelumnya telah dinyatakan sembuh semua," ungkapnya


Meskipun demikian, dia tetap menghimbau agar masyarakat dapat terus menjaga kebersihan makanan dan kandang hewan ternak, serta ia juga mendorong agar para peternak melaporkan jika hewan ternaknya ada yang sakit. (Diskominfo) 

×
Berita Terbaru Update