Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus Launching Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Sabtu, 08 Juni 2024 | Sabtu, Juni 08, 2024 WIB Last Updated 2024-06-07T22:35:57Z

 


MP Tanggamus– Mengutip laman Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) pada Juni ini, pemerintah melaksanakan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tahun 2024. kegiatan pengukuran dan intervensi serentak ini dilakukan secara nasional di 38 provinsi dan diharapkan mendapat data akurat by name by address yang nantinya menjadi dasar pemberian intervensi program yang semakin terarah dan tepat sasaran.


Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus turut andil dalam kegiatan ini dengan mengadakan acara launching Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Kabupaten Tanggamus,dan menurut Wahyu Dwi Saputra SKM.selaku kepala UPTD Puskesmas Kelumbayan,iya menjelaskan bahwa hari ini kegiaan di laksakan di 7 tempat.Jum'at ( 07/06/2024)


"Hari ini kita laksanakan di 7 titik,salah satu nya di Pekon Napal ini" ungkap Wahyu .


Membuka secara resmi,Kepala UPTD Puskesmas Kelumbayan.Wahyu Dwi Saputra SKM,mengatakan bahwa pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting yang akan dimulai pada Juni 2024 ini menandakan keseriusan pemerintah untuk terus melakukan berbagai upaya pencegahan sekaligus penanganan stunting. Hal ini merupakan kebijakan inovatif sebagai gerakan bersama sekaligus bentuk refleksi dari upaya semua stakeholder di pemerintah kabupaten dan pemerintah desa.


"Diharapkan di bulan Juni ini, seluruh pihak dapat bekerja sama memperbaiki kondisi tumbuh kembang anak sehingga dapat mencegah terjadinya kasus stunting baru melalui kegiatan pengukuran dan penimbangan serentak di semua posyandu dusun maupun Pekon yang ada di Kecamatan Kelumbayan," ujar Wahyu.


Ia juga mengingatkan para ibu untuk memperhatikan asupan makanan untuk anak-anak. Ia menyarankan  untuk memberikan makanan yang sehat, bukan makanan cepat saji ataupun kudapan yang mengandung bahan pengawet, pemanis, dan pewarna buatan, agar anak-anak tumbuh sehat, cerdas, dan ceria. Karena anak-anak ini nantinya akan menjadi penerus bangsa menuju Indonesia Emas Tahun 2045.


"Melalui launching intervensi serentak pencegahan stunting ini saya berharap dapat memberikan motivasi dan semangat kepada kita semua untuk terus berusaha dan pantang menyerah dalam percepatan penurunan stunting"terang Wahyu.


Lebih lanjut diterangkan bahwa pengukuran dan intervensi serentak merupakan gerakan bersama yang melibatkan semua kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, hingga pemerintah desa untuk mencegah lahirnya anak stunting baru.


Sasaran pengukuran dan intervensi serentak ini adalah semua calon pengantin, ibu hamil, dan balita yang diharapkan datang ke posyandu untuk dilakukan pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi, validasi, dan intervensi. Untuk itu, kesiapan sarana dan prasarana seperti antropometri yang terstandar, kader yang kompeten, dan tenaga kesehatannya, juga harus dipersiapkan dengan baik.


Hadir memberikan dukungan pada kegiatan ini yakni Camat Kelumbayan,beserta jajaran,Ketua TP PKK Kecamatan Kelumbayan,ketua TP PKK Pekon Napal,Babinkamtibmas,Babinsa,Pendamping Desa,Tokoh Adat,Tokoh Agama,Bidan Desa/tim kesehatan masing masih Pekon (desa) puskesmas dan para kader.(Obi)

×
Berita Terbaru Update