Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Polda Lampung Imbau Pengusaha Hiburan Malam Tutup Selama Ramadhan

Selasa, 12 Maret 2024 | Selasa, Maret 12, 2024 WIB Last Updated 2024-03-12T02:21:52Z
MP Lampung - Selama Ramadhan, Polda Lampung mengimbau agar pemilik tempat hiburan malam untuk menutup sementara aktivitas.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah Astutik mengimbau para pengusaha hiburan malam agar mematuhi peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat operasionalnya selama bulan Ramadhan.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah Astutik menekankan, pentingnya keterlibatan semua pihak dalam menciptakan suasana yang kondusif selama bulan Ramadhan. 

Imbauan ini diharapkan dapat mendukung kenyamanan dan ketenangan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa.

"Kami mengajak para pelaku usaha untuk mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah daerah, yaitu menutup sementara tempat hiburan malam selama bulan Ramadhan," kata Kombes Pol Umi, Senin 11 Maret 2024.

Polda Lampung juga menegaskan bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum di wilayah Lampung. 

"Diimbau juga kepada masyarakat untuk tidak melakukan giat sabur on the road, karena rawan terjadinya aksi tawuran dan kebut-kebutan setelah pelaksanaan kegiatan," ujar Kabid Humas.

Selain itu, lanjut dia, agar seluruh lapisan masyarakat dan pelaku usaha dapat bersama-sama mendukung kebijakan ini demi terwujudnya bulan Ramadhan yang damai dan penuh keberkahan di Lampung.

"Untuk masyarakat, ormas atau instansi tertentu apabila melakukan pembagian takjil di jalanan untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat guna mengantisipasi terjadinya kemacetan," terang Kabid Humas.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung, melalui Dinas Pariwisata, meminta para pemilik hiburan, termasuk diskotek, karaoke, pub, bar, panti pijat/kebugaran, dan rumah bilier/arena bola sodok, untuk menutup sementara usahanya selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah. 

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung, Dedeh E Fauzie, saat dikonfirmasi menyatakan bahwa penutupan sementara berlaku dari H-2 Ramadhan hingga H+3 Ramadhan 2024, dengan pengecualian untuk kegiatan keagamaan dalam bulan suci Ramadhan dan malam Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Apabila melanggar, dapat dikenai sanksi administrasi atau pidana sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2018 tentang Kepariwisataan. 

“(Yang melanggar) akan dikenakan sanksi administrasi berupa pencabutan izin atau penutupan kegiatan sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 68 dan atau sanksi pidana dalam Pasal 69 Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2018 tentang Kepariwisataan,” terang Dedeh.

Pemilik usaha rumah makan, restoran, dan kafe juga diminta untuk tidak beroperasi terbuka pada siang hari sebagai bentuk penghormatan terhadap masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa, dengan ancaman sanksi serupa jika melanggar.



×
Berita Terbaru Update