Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tidak Ada PSU, KPU Tubaba Raih Apresiasi KPU RI

Kamis, 29 Februari 2024 | Kamis, Februari 29, 2024 WIB Last Updated 2024-02-29T09:36:46Z
MP Tubaba - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulang Bawang Barat (Tubaba) mendapatkan apresiasi dari KPU RI sebagai salah satu Kabupaten tidak ada Penghitungan Suara Ulang (PSU).
“Pelaksanaan pemilu sudah berjalan lancar, baik dari pemungutan suara hingga rekapitulasi di Kecamatan. Kita dapat apresiasi dari KPU RI sebagai salah satu Kabupaten yang tidak ada PSU dan tidak ada hitung ulang atau bongkar kotak,” kata Ketua KPU Tubaba Yudi Agusman saat memberikan sambutan pada rapat pleno tingkat Kabupaten, Kamis (29/02/24).

Akan tetapi Menurut Yudi, apabila saat pleno di tingkat Kecamatan jika terdapat ada kesalahan, KPU siap untuk memperbaikinya pada rapat pleno terbuka rekapitulasi Kabupaten hari ini.

“Pada prinsipnya KPU di Kabupaten hanya mengakumulasi rekapitulasi dari Kecamatan, tetapi tidak menutup kemungkinan KPU juga akan memperbaiki jika memang ada kesalahan pada pleno Kecamatan,” ungkapnya.

Selanjutnya, Setelah pleno Kabupaten, nantinya akan dilanjutkan ke Provinsi dan Pusat. Maksimal KPU RI akan mengumumkan hasil Pemilu secara resmi pada 20 Maret.

“Setelah pengumuman di tingkat pusat kita akan menetapkan Caleg terpilih dan jumlah kursi. Tetapi jika ada gugatan misalnya di MK maka kita akan menunggu sampai adanya putusan,” ujarnya.

“Oleh karenanya, kami tetap berharap kepada semua pihak-pihak pemangku kepentingan untuk terus memberikan semangat dan dan mengawal pelaksanaan Pemilu tahun 2024 sampai dengan selesai,” tambahnya.

Selain itu Yudi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atau stakeholder dan peserta pemilu yang sudah mensukseskan penyelenggaraan Pemilu pada tahun 2024 ini.

“Terima Kasih kepada pihak Pemda, pengamanan yang ketat dari jajaran Polres Tubaba dan jajaran TNI yang terus memberikan semangat dan gigih mengawal Pemilu, kepada Bawaslu, kepada jajaran media sebagai corong penyampai informasi kepada masyarakat,” tuturnya.

Pejabat (Pj). Bupati Tubaba Firsada diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum M. Rasidi mengungkapkan, bahwasanya Rapat pleno penghitungan suara hasil Pemilu di Tubaba adalah bagian proses demokrasi yang harus kita jalani dan dihormati. 

Ia mengajak kepada semua pihak, terutama yang telah menjadi peserta pemilu pada tahun 2024, mari tunjukkan kedewasaan dengan menerima hasil Pemilu ini dengan lapang dada. 

“Jangan terpengaruh pada perbedaan pandangan politik, tetap jaga persatuan dan kesatuan serta kedamaian bangsa untuk kemajuan pembangunan daerah dan negara,” jelas Rasidi.

“Terimakasih atas seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi aktif pada pelaksanaan Pemilu, dan semoga dapat membawa kebaikan dimasa depan,” imbuhnya. (Kod/Tim) 
×
Berita Terbaru Update