Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Irban Satu Inspiktorat Lampung Timur, Menyebutkan BUMDES Di Setiap Desa Bermasalah

Kamis, 21 Desember 2023 | Kamis, Desember 21, 2023 WIB Last Updated 2023-12-21T10:04:13Z

 


MP Lampung Timur - Irban satu Inspektorat Kabupaten Lampung Timur menyebutkan bahwa, hampir di setiap Desa dana untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) itu bermasalah.


Terkait prihal tersebut, Tri Wibowo selaku irban satu inspektorat kabupaten Lampung Timur, menerangkan saat ditemui oleh awak media di ruang kantor pada Kamis, (21/12/2023).


"Dalam hal ini perlu kita ketahui bahwa BUMDES di Lampung Timur itu rata--rata bermasalah, apakah masalah itu dari kepala Desa, ataukah masalah nya dari pengurus BUMDES," Jelas dia. 


Masih lanjut, "Apakah masalah nya memang dari bisnis usaha nya, ataukah pengurus usaha BUMDES nya, atau mungkin ketua pengurus nya belum memiliki pengalaman dalam bidang wira usaha itu belum dapat di pastikan, "papar Tri Wibowo.


"Dan untuk di ketahui juga bahwa bantuan BUMDES, itu disalurkan dari pusat secara langsung, dan itu wajibkan untuk di kembangkan buat usaha, ada yang digunakan untuk peternakan, ada yang di buatkan untuk usaha BRI Link, ada juga yang dibuatkan untuk usaha dibuatkan tarup, "ungkap Tri.


Menurut informasi yang kami terima, sambung Dia, ada juga uang nya sudah di transfer akan tetapi uang tersebut tidak di kembangkan, dan untuk permasalahan nya itu belum di ketahui jua. 


"Maka semenjak ada nya bantuan dari Dana Desa tersebut, kami dari pihak inspektorat kabupaten Lampung Timur, telah melakukan pemeriksaan di masing-masing desa di setiap kecamatan yang ada di kabupaten setempat. 


Dan untuk di wilayah kecamatan Batanghari Nuban apa saja yang sudah kami periksa dan apa hasilnya kami belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut karena ini juga masih dalam tahap pemeriksaan, "imbuh Tri Wibowo. (Fatul)

×
Berita Terbaru Update