Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pemkab Pringsewu Buka Kegiatan Workshop Kelembagaan Adat Pekon Di Hotel Regency

Rabu, 24 Agustus 2022 | Rabu, Agustus 24, 2022 WIB Last Updated 2022-08-24T14:22:29Z

 


MP Pringsewu - Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Hipni, S.E., M.M., Menghadiri dan Memberikan Sambutan pada Kegiatan Workshop Kelembagaan Adat Pekon, bertempat di Aula Hotel Regency Pringsewu, Kecamatan Gadingrejo, Rabu (24/8/22).


Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Ir.Iskandar Muda, Kepala Badan Kesbangpol Sukarman, S.Pd., dan para Tokoh Adat Pringsewu.


Dalam sambutannya Staf Ahli Bupati Hipni menyampaikan, pemahaman bersama tentang adat istiadat, seni dan budaya merupakan bagian dari kekayaan khasanah budaya bangsa Indonesia dan sekaligus menjadi aset nasional, dalam hal ini masyarakat adat Lampung Sang Bumi Ruwa Jurai merupakan bagian integral dari masyarakat suku bangsa yang tergabung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mempunyai hak dan kewajiban memelihara adat dan istiadat, tradisi yang hidup dan berkembang. 


"Sejalan dengan perkembangan zaman, hal tersebut telah diperkuat dengan regulasi yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa",paparnya.


Selanjutnya disampaikan, bahwa kegiatan Workshop ini merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Pringsewu dalam melakukan pembinaan kelembagaan adat desa/pekon di Kabupaten Pringsewu, mengingat lembaga adat desa ini mempunyai tugas dan fungsi yang strategis yaitu membantu Pemerintah Desa serta sebagai mitra dalam memberdayakan, melestarikan dan mengembangkan adat istiadat sebagai wujud pengakuan terhadap masyarakat desa.


"Pelestarian adat diperlukan peran serta masyarakat, para pemuda dan tokoh adat agar menjadi garda terdepan dalam upaya pelestarian adat budaya Lampung dapat tetap lestari sehingga tidak terkikis seiring dengan perkembangan zaman",tutupnya. (Th)

×
Berita Terbaru Update