Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mayoritas Pemilih Partai Demokrat & PKS Puas Hasil Kinerja Jokowi

Senin, 16 Mei 2022 | Senin, Mei 16, 2022 WIB Last Updated 2022-05-15T17:00:18Z

 


MP Jakarta - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya hasil yang direkam ialah kepuasan pemilih setiap partai politik di 2019 kepada Jokowi.


Hasilnya, mayoritas pemilih Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilu 2019 puas dengan kinerja Jokowi.


Pemilih Partai Demokrat ada 65,1 persen dan PKS ada 52,6 persen pemilihnya yang puas dengan kinerja Jokowi Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebut cukup menarik melihat temuan survei karena elite Partai Demokrat dan PKS sering mengkritik Pemerintah.


Disisi lain, pemilih kedua partai yang berada di luar Pemerintahan tersebut puas dengan kinerja Jokowi.


“Pemilih Demokrat, elitenya suka mengkritik keras, bagus itu bagian dari fungsi check and balances. Tapi, basis masa pemilih Demokrat positif, 65 persen puas sama kinerja presiden,” ucap Burhanuddin saat rilis survei Drama Minyak Goreng dan Kepuasan Publik terhadap Presiden dilihat dari akun YouTube Indikator Politik Indonesia, Minggu (15/5/2022).


Kepuasan pemilih PKS terhadap Jokowi memang tidak setinggi pemilih Demokrat. Menurut Burhanuddin itu merupakan hal yang wajar karena selama ini PKS menegaskan posisi sebagai oposisi.


“PKS wajar karena dia oposisi,” singkat Burhanuddin.


Survei secara kontak telepon ini dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 10 Mei 2022. Survei mengambil 1.228 responden dengan Margin of Error ±2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.(*) 

×
Berita Terbaru Update