Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Arus Balik H+3 di Pelabuhan Bakauheni Berjalan Normal

Jumat, 06 Mei 2022 | Jumat, Mei 06, 2022 WIB Last Updated 2022-05-06T10:05:08Z

 


MP Bandar Lampung - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno melalui Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, kondisi arus balik pada H+3 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan berjalan normal.


"Pada H+3 arus balik hari ini di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan berjalan normal," katanya di Bandarlampung, Jumat (6/5/2022).


Dia melanjutkan untuk para pemudik pada arus balik Kamis tanggal 05 Mei 2022 mengalami pemingkatan. Untuk para pemudik yang melalui Pelabuhan Bakauheni mencapai  111.214 di antaranya 8.506 orang pejalan kaki dan 102.708 penumpang berada dalam kendaraan.


"Total arus balik kemarin melalui Pelabuhan Bakauheni mencapai  111.214. Namun masih dalam keadaan normal dan lancar," kata dia.


Pandra menambahkan untuk kendaraan roda dua sendiri pada arus balik yang menaiki kapal mencapai 8.136 unit sepeda motor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau pribadi mencapai 15.411 unit.


"Meskipun ada penambahan baik penumpang dan kendaraan namun kondisi tetap normal, hanya saja ada antrian sedikit dikarenakan menunggu bongkar muat kendaraan dan penumpang yang naik dari Pelabuhan Merak dan turun ke Pelabuhan Bakauheni," kata dia lagi.


Pandra menghimbau kepada pemudik yang melakukan perjalanan arus balik agar melakukan pemeriksaan terhadap fisik maupun pengecekan terhadap kendaraannya.


Selama dalam perjalanan, lanjut dia, masyarakat agar dapat memanfaatkan Pos Pengamanan (Pospam), Pos Pelayanan (Posyan), dan Pos Terpadu baik yang ada di JTTS maupun yang ada di Jalinsum.


Untuk kendaraan roda dua, pihak kepolisian juga melakukan pengawalan mulai dari wilayah Mesuji dan Tanggamus menuju ke Pelabuhan Bakauheni.


"Jika berkendara lebih dari 3-4 jam agar beristirahat sejenak, jangan dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Lebih baik istirahat terlebih dahulu sampai badan fit kembali baru melanjutkan perjalanan," kata dia lagi.


"Kemudian jika selama dalam perjalanan melihat orang yang dicurigai agar dapat melapor kepada kantor polisi terdekat maupun ke Pospam, Posyan, dan Pos Terpadu. Bisa juga masyarakat menghubungi call center 110 secara gratis. Mari kita bersama-sama mengikuti himbauan ini dengan tujuan agar perjalanan dapat lancar dan tidak ada kendala," katanya.(Humas) 

×
Berita Terbaru Update