Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Presiden Jokowi Ungkap Rahasia Mampu Bangun Jalan Tol 1.900 KM Sejak Tahun 2014

Kamis, 14 April 2022 | Kamis, April 14, 2022 WIB Last Updated 2022-04-14T11:55:41Z

 


MP Jakarta -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan jalan tol sejak kepemimpinannya 2014 sudah sepanjang 1.900 kilometer. Jokowi mengatakan, pembangunan jalan tol sejak 2014 jauh lebih panjang dari pada 40 tahun terakhir. Hal itu disampaikan Jokowi saat Penandatanganan Perjanjian oleh Indonesia Investment Authority (INA) Tahun 2022 di Jakarta, Kamis (14/4/2022).


“40 tahun lebih kita membangun jalan tol, dan dalam 40 tahun kita telah membangun 780 kilometer jalan tol. Kemudian 2014 kita dorong betul agar jalan tol ini segera dapat tersambungkan semua, baik trans-Jawa, trans-Sumatera, baik yang di Kalimantan, dan Sulawesi,” kata Jokowi yang disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden.


Jokowi mengungkapkan, panjangnya jalan tol yang bisa dibangun sejak 2014 tak lepas dari kreativitas dalam mencari sumber pembiayaan. Dia menyebut, selama ini pembangunan jalan tol selalu bergantung kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga diserahkan kepada swasta yang justru tidak berjalan dengan baik.


“Apa yang berbeda dari situ? Saya lihat problemnya selalu pembiayaan. Tidak mencari alternatif-alternatif pembiayaan. Ketergantungan pada APBN, keuangan yang dimiliki BUMN kita, atau diserahkan kepada swasta yang sekian tahun juga tidak berjalan dengan baik,” ungkap Jokowi.


Mantan Walikota Solo itu senang dengan adanya penandatanganan perjanjian antara INA dan perusahaan BUMN yang akan membangun jalan tol nantinya. Dan ke depannya Jokowi optimis akan memperbanyak investasi yang akan mempermudah pembiayaan pembangunan jalan tol di seluruh Tanah Air.


“Ini adalah sebuah alternatif pembiayaan yang sebelumnya tidak pernah kita pikirkan. hari ini telurnya pecah. Nilainya kurang lebih 39 T lebih. Ini akan memberikan efek kepercayaan dari domestik maupun internasional terhadap pengelolaan keuangan kita,” ucap Jokowi.


Jokowi menuturkan, pembiayaan jalan tol harus terus diupayakan karena butuh dana yang sangat besar. Dalam satu kilometer pembangunan jalan tol bisa menghabiskan 90 hingga 110 miliar rupiah.

Pemerintahan Jokowi sangat memfokuskan pada pembangunan infrastruktur untuk memperkuat daya saing. Infrastruktur menjadi kunci pembangunan ekonomi nasional. (Red)

×
Berita Terbaru Update