Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kondisi Jembatan Gantung Penghubung Pekon Tanjungraja dan Tanjungjati Cukuh Balak Memprihatikan

Sabtu, 02 April 2022 | Sabtu, April 02, 2022 WIB Last Updated 2022-04-02T05:19:02Z

 


MP Tanggamus -- Jembatan gantung yang menghubungkan atar beberapa pekon (desa) yang ada di kecamatan Cukuh Balak,Dari Pantauan tampak saat ini kondisi Jembatan Gantung yang merupakan akses utama jalan alternatif bagi masyarakat untuk kepantai dan ke kantor kecamatan cukuh Balak Sanga memprihatinkan. Sabtu (02/04/2022)


Pasalnya Jembatan gantung yang merupakan jalan penghubung Pekon Tanjungraja dengan Pekon Tanjung Jati kecamatan cukuh Balak, Jembatan gantung sepanjang 20 meter tersebut sangatlah memprihatikan,dan masyarakat harus extra hati hati jika ingin melewati jembatan gantung tersebut, dimana kondisi jembatan tersebut yang terbuat dari besi tetapi landasan nya dari papan/kayu dimana posisi landasanya sudah tidak layak lagi (lapauk).


Walaupun kondisi jembatan yang tidak layak dan tidak terawat bahkan mengancam keselamatan pengguna jalan,jembatan tersebut masih dan terpaksa di pergunakan,karena merupakan akses utama bagi masyarakat.


Banyak warga setempat yang tidak berani melalui jembatan,pilihan nya harus turun dan melintasi sungai. hal tersebut sangat lah berbahaya, dikarenankan arusnya sungai cukup deras dan dalam.


Menurut Sekjen Yayasan Penelitian Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat ( PPKM ) Kabupaten Tanggamus, Hipzoni mengatakan,Jembatan ini adalah jembatan yang menghubung kan pekon tanjung raja dan pekon tanjung jati, yang di bangun sekitatan tahun 2009 lalu waktu itu saya masih duduk di kelas 1 smp, dibangun zaman PPM " ujarnya saat di hubungi awak via teleppon seluler.


Dikatakan Hipzoni "jalan ini merupakan jalur utama akses masyarakat jika ingin ke pantai dan ingin ke kecamatan,Kondisi jembatan saat ini benar sangat memprihatikan,Kami berharap kepada pemerintah Kabupaten Tanggamus harus segera memperbaiki jembatan tersebut sebelum adanya korban jiwa".harap Hipzoni


"Seharusnya pemkab Tanggamus melalui dinas dinas terkait lebih aktif untuk mengecek fasilitas umum,seperti jembatan dan sebagainya,Jangan ada pembiaran terhadap hal tersebut,apakah harus ada korban jiwa dari warga atau pengguna yang menyebrangi jembatan tersebut."tutup Hipzoni.


Sementara itu saat dilokasi,Sili,warga yang ingin melintas jembatan tersebut,menyampaikan kepada awak media, Kondisi jembatan ini sudah lama seperti ini belum ada perbaikan.


 “Saya tadi melewati jembatan ini ngeri karena landasan jembatannya sudah tak layak, tadi itu saya mutar lewat sungai gak berani lewat jembatan,Harapan saya Kepada pemerintah setempat dan dinas terkait agar segera memperbaiki jembatan ini, jangan sampai ada korban dulu baru diperbaiki,sukur sukur kalau di bangun permanen".pungkas nya.(Obi)

×
Berita Terbaru Update