Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

HAM-RI OKU Gelar Aksi Damai Depan Bank Sumsel Babel Cabang Baturaja Atas Dugaan Usaha Penggelapan Data Pengecilan Pajak

Kamis, 09 Februari 2023 | Kamis, Februari 09, 2023 WIB Last Updated 2023-02-09T13:58:20Z
Poto HAM-RI Kabupaten OKU (Sumsel) Saat Menggelar Aksi Damai di depan Bang Sumsel Babel Cabang Baturaja.


MP OKU (Sumsel) -- Himpunan Aktivis Masyarakat Republik Indonesia (HAM-RI) Adakan Aksi damai di depan Bank Sumsel Babel cabang Baturaja kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terkait adanya dugaan usaha penggelapan data dalam hal pengecilan pajak yang di lakukan oleh Bank Sumsel Babel Baturaja.


Himpunan Aktivis Masyarakat Republik Indonesia (HAM-RI) selaku fungsi pengawasan kebijakan publik atas penyelengaraan kinerja Pemerintah, Penegakan Demokrasi, dan Penegakan Hak Asasi Manusia, melakukan aksi damai di depan halaman Bank Sumsel Babel Baturaja Kabupaten OKU, pada Rabu (08/02/2023).


Peserta aksi yang di Kordinator oleh Erham Mandala, Kordinator Lapangan Nuhmanyudi menyampaikan sikap dan tuntutan yang berisi bahwa, 


1. Mendesak Pimpinan dan Jajaran Bank Sumsel Babel Cabang Baturaja kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) untuk lebih Menerapkan Prinsip Keterbukaan informasi Publik Kepada Pers,LSM, dan Aktivis serta Masyarakat OKU.

2. Mendesak dan Meminta Bank Sumsel Babel Cabang Baturaja, Transparan dalam memberikan informasi terkait berbagai kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Khususnya yang Menyangkut Pendapatan Daerah Kabupaten OKU melalui penerimaan pajak daerah.

3. Mengingat Dunia perbank kan adalah dunia yang "Tertutup" dan aman dari pengawasan luar. Bahkan aparat penegak hukum saja, tidak bisa begitu saja masuk dan mendapatkan data yang dibutuhkan jika terkait hal-hal rahasia dalam perbankan.


Lain dari itu, Masa aksi Himpunan Aktivis Masyarakat Republik Indonesia (HAM-RI) meminta dan mendesak bank Sumsel Babel cabang Baturaja memberikan Salinan Dokumen lengkap, setiap Transaksi Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan yaitu :

1. SSPD BPHTB.

2. Foto Copy SPPT PBB untuk tahun yang bersangkutan.

3. Foto Copy KTP wajib pajak.

4. Foto Copy STTS/struk ATM bukti pembayaran PBB

5. Foto Copy Bukti Kepemilikan Tanah seperti sertifikat, akta jual beli, letter C atau girik. Ke Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu karena BPHTB ini Pendapatan Daerah Kabupaten OKU dan Wajib diketahui masyarakat OKU.


Koordinator aksi, Erham Mandala mengatakan, "Hari ini Kami Himpunan Aktivis Masyarakat Republik Indonesia (HAM-RI) berupaya untuk berkontribusi seoptimal mungkin memberikan kepedulian terhadap perolehan Hak-Hak Masyarakat,Kepastian Hukum ,keadilan masyarakat, serta Hak-HAK ekonomi dan keuangan masyarakat serta Pendapatan keuangan Daerah dan Negara," cetus nya.


Masih lanjut dia, "Ini kami lakukan untuk mewujudkan penyelenggaraan yang bersih dan bebas dari Korupsi,Kolusi, & Nepotisme (KKN) yang ditetapkan Azas- azas umum Penyelenggaraan Negara yang meliputi asas Kepastian Hukum, Azas Tertib Penyelenggaraan Negara, Azas Kepentingan Umum, Azas Keterbukaan, Azas Profesionalitas Dan Azas Akuntabilitas, Serta tegaknya Supremasi Hukum di Sumatera Selatan Khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan berlandaskan Undang-undang No 3 Tahun 1971 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," Tegas Erham.


Peserta aksi diterima langsung oleh pihak Bank Sumsel Babel, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Baturaja, H. M. Ramli Simin menemui langsung para pendemo, dalam pertemuan tersebut Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Baturaja menjelaskan bahwa untuk pemberkasan pendapatan daerah sudah di setorkan oleh pihak Bank ke Pemerintah Daerah.


"Semua laporan tentang pendapatan asli daerah sudah di serahkan ke pemerintah daerah melalui dinas terkait,"katanya.


Kegiatan Aksi damai Himpunan Aktivis Masyarakat Republik Indonesia (HAM-RI) mendapatkan Pengawalan dan pengamanan ketat dari pihak kepolisian Polres OKU Polda Sumsel, dan aksi berjalan lancar dan aman. (Romlan)

×
Berita Terbaru Update