Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

SDN 2 Segala Mider Menjadi Sekolah ke-6 Percontohan Ramah Anak

Sabtu, 01 Oktober 2022 | Sabtu, Oktober 01, 2022 WIB Last Updated 2022-10-01T12:58:17Z


MP Bandar Lampung - SD Negeri 2 Segala Mider menjadi Sekolah ke-6 sebagai Sekolah Percontohan Ramah Anak di Bandar Lampung.

Hal ini dilihat atas adanya Kunjungan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung, dimana kunjungan tersebut diikuti oleh Tim Satgas Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung serta Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Bandar Lampung.

Kepala SDN 2 Segala Mider, Dian Jani Prasinta menyampaikan bahwa harapannya kegiatan ini sebagai langkah pertama menjalin MoU. 

"Selanjutnya kita akan membuat program-program berkelanjutan. Jadi nanti tidak hanya kepada siswa yang kita kasih edukasi. Nanti ke depan kita akan adakan dengan wali murid juga. Jadi seimbang antara pola asuh di sekolah dengan di rumah. Bagaimana pendidikan di sekolah bisa diterapkan juga di rumah," kata Kepala Sekolah SDN 2 Segala Mider saat dimintai keterangan, Sabtu (1/9/2022).

Menurutnya, wali murid nantinya akan diadakan parenting setiap tiga bulan sekali. Nanti setelah terjalin kerjasama ini akan ada parenting-parenting yang diisi oleh pihak Komnas Perlindungan Anak.

"Jadi nanti setiap tiga bulan sekali kita akan memanggil wali murid untuk merefleksi hasil pembelajaran selama tiga bulan," ujarnya.

"Kita juga memberikan parenting mana plus minus yang sudah dilakukan. Mana yang perlu ditingkatkan lagi dan yang perlu ditambah pahamkan lagi," paparnya.

Sementara itu, Ketua Komnas PA Kota Bandar Lampung, Ahmad Aprilliandi Passa mengatakan, kegiatan ini merupakan awal dari pemberian edukasi kepada anak dimana pihak sekolah dapat lebih memahami tentang perlindungan anak di lingkungan sekolah.

"Kegiatan kunjungan edukasi dan kampanye perlindungan anak ini merupakan permintaan dari pihak sekolah untuk pengedukasian terhadap anak sekolah sedini mungkin. Ya kita sambut dengan baik selagi itu bagus dan positif untuk perlindungan anak khususnya di sekolah. Apalagi selama ini sekolah hanya pasang plang, program kerjanya yang komplek Komnas Perlindungan Anak itu apa tidak tau pihak sekolah," ujarnya.

Dalam rangka upaya menekan angka kekerasan dan pelanggaran hak anak lainnya, ia mengatakan pihaknya berinisiatif untuk membuat program yang dapat memberikan kontribusi untuk menekan angka-angka tersebut sehingga tidak semakin meningkat di masa mendatang.

Kegiatan ini juga untuk mencegah pelecehan seksual dan yang menimbulkan pergaulan bebas itu juga bisa kita cegah sedini mungkin. Sehingga nantinya benar-benar anak cerdas yang dihasilkan," sambungnya.

Bentuk dukungan dari Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam kegiatan tersebut juga nampak terpantau dimana adanya perwakilan dari Dinas PPPA Kota Bandar Lampung dalam ikut serta di acara tersebut.

"Alhamdulillah juga terlihat dari kehadiran utusan Plt. Kepala Dinas PPPA Kota Bandar Lampung yaitu kehadiran Plh. Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga Novi Rahmawati yang turut hadir memberikan sambutan dari Kepala Dinas PPPA sekaligus membuka acara ini sehingga lebih marak dan meriah," tutupnya. (NR)
×
Berita Terbaru Update