Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Wakil Ketua II DPRD, Harap Peratin Agar Pekon Se-Kabupaten Pesibar Dapat Lebih Baik Lagi

Selasa, 13 September 2022 | Selasa, September 13, 2022 WIB Last Updated 2022-09-13T13:32:45Z

 


MP Pesisir Barat - Kabupaten Termuda diprovinsi lampung ini baru saja selesai menggelar Pemelihan peratin serentak yang diikuti sebanyak 68 Pekon (Desa) pilratin serentak.


Meskipun pelantikan peratin terpilih di kabupaten pesisir barat sempat diundur, pengunduran pelantikan peratin terpilih ini akibat masih dalam keadaan sengketa dan belum menandatangani pernyataan damai.


Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pesisir Barat Ali Yudiem, Menggatakan berdasarkan informasi hampir semua peratin (Kepala Desa) Terpilih sudah mendapatkan undangan untuk pelantikan besok.


Pelantikan 63 Peratin terpilih hasil Pemilihan peratin secara serentak kabupaten Pesisir Barat yang dijadwalkan dilantik pada hari Rabu (14/9/2022) oleh bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal.


"Pemilihan peratin serentak pada 27 Juli lalu diikuti sebanyak 68 pekon, namun masih ada sebanyak 5 peratin belum habis masa tugasnya. Adapun lima peratin yang belum habis masa tugasnya adalah, peratin pekon Pagar Bukit kecamatan Bangkunat, Peratin Negeri Ratu kecamatan Ngaras, Peratin Suka Mulya Kecamatan Lemong, Peratin Tanjung Setia dan Biha kecamatan Pesisir Selatan". 


Untuk 5 pekon yang sempat mengajukan banding terhadap hasil pemilihan peratin beberapa waktu lalu, empat diantaranya sudah selesai, Hingga sampai saat ini tinggal Pekon Menyancang Kecamatan Karya Penggawa yang belum selesai. Selasa, (13/09/2022)


"Kami dari teman - teman dewan perwakilan Rakyat daerah selaku bagian dari pemerintah juga mengucapkan terimakasih proses ini sudah selesai".


Pemilihan peratin serentak sudah dilaksanakan dan yang dinobatkan masyarakat sudah ada dan akan dilantik besok. Tadi awalnya kita berharap semuanya dilantik, namun kalaupun ada yang belum dilantik ataupun belum selesai yang lebih memahami dinas terkait apa persolanya harus diselesaikan dahulu.


Selain itu Wakil Ketua II DPRD Ali Yudiem Berharap kepada peratin terpilih pertama untuk bisa melanjutkan program peratin sebelumnya baik secara menyeluruh untuk dilaksanakan dipekon masing - masing.


Kedua kepada peratin terpilih aga bisa mengakomodir semua masyarakat yang tadinya ikut berperan berdemokrasi di pekon.


Ketiga meminta kepada peratin terpilih untuk bisa meningkatkan kinerja, karena peratin adalah ujung tombak pemerintahan yang paling dasar. maju mundurnya suatu daerah ataupun satu kabupaten salah satunya dari peratin. 


"Mudah - mudahan pelantikan besok bisa berjalan dengan baik, kita berharap dengan peratin yang baru menjadi lebih baik lagi sehingga pekon yang ada di kabupaten pesisir barat secara menyeluruh dengan adanya pemimpin - pemimpin yang baru". 


Terkait ada terjadi tunggak ataupun sangkutan sudah pasti akan terjadi seperti itu, setelah dilantikanya peratin yang baru dia harus berkoordinasi dengan peratin yang lama.


Kalaupun beban itu terkait beban aparat yang lama minsalnya salah satunya insentif aparat pekon yang belum terbayarkan karena memang belum dicairkan dari kas apbd daerah kita tentu itu tanggung jawab peratin yang baru untuk menyelesaikan.


Tetapi kalau kaitan sangkuatan ataupun proses belum ada yang terbayarkan tetapi uangnya sudah dikeluarkan oleh kas daerah otomamatis itu kewajiban peratin yang lama.


Nanti ada serah terima jabatan, serah terima aset berita acara yang lain juga ini harus diperjelas anatara peratin terpilih dan peratin yang lama, kalaupun incuben terpilih kembali itu tidak ada masalah. Pungkasnya. (Rido)

×
Berita Terbaru Update