Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kepimpinan Diakui Dunia, Jokowi Terima Penghargaan Global Citizen Award

Kamis, 22 September 2022 | Kamis, September 22, 2022 WIB Last Updated 2022-09-22T05:38:22Z


MP Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Global Citizen Award 2022 dari lembaga pemikiran Amerika Serikat, Atlantic Council. Penghargaan tersebut bukti pengakuan dunia terhadap kepemimpinan Jokowi di kancah internasional. Kamis, (22/9/2022).


Dilansir dari Antara, Jokowi memperoleh penghargaan atas kepemimpinan sebagai Presidensi G20. Tak hanya itu, Jokowi juga dinilai mampu menjembatani dampak perang di Ukraina, dan mendapat dukungan luas untuk memajukan pemenuhan HAM, demokrasi, serta arsitektur Kesehatan global.


Executive Chairman WEF Klaus Schwab mengatakan, terpilihnya Jokowi karena kepemimpinannya yang berasal dari rakyat. Menurut dia, Jokowi sangat melayani rakyat.


“Merupakan kehormatan bagi saya dapat memperkenalkan Presiden Joko Widodo. Memulai karirnya sebagai pelaku bisnis, lalu menjadi Wali Kota Surakarta, Presiden Jokowi memasuki ranah politik untuk melayani rakyatnya, bekerja bersama rakyatnya,” ucap Klaus Schwab.


Lebih lanjut, dia menyebut Presidensi G20 di Indonesia dihadapkan pada tantangan multidimensi. Oleh karenanya, memerlukan kepemimpinan yang memiliki kemampuan luar biasa dan dipercaya semua pihak.


“Presiden Jokowi bukan hanya pemimpin rakyat Indonesia, tetapi pemimpin yang memiliki visi global, mempromosikan kemakmuran dunia,” ujar Klaus Schwab.


Disisi lain, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengapresiasi penghargaan dunia terhadap Jokowi. Retno menyebut Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi berupaya menjadi solusi bagi kepemimpinan dunia.


“Presiden Joko Widodo adalah perwujudan dari semangat yang Indonesia ingin proyeksikan kepada dunia, yaitu paradigma kolaborasi, pembangunan jembatan (bridge-builder), dan menjadi bagian dari solusi,” ucap Retno.


Jokowi sendiri menyebut penghargaan dunia merupakan bentuk apresiasi terhadap kerja keras masyarakat Indonesia. Dia akan terus berupaya menjaga posisi Indonesia di mata dunia.(*) 

×
Berita Terbaru Update