Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pilkades, Petahana dan Mantan Peratin Gugur Tes Tertulis

Senin, 23 Mei 2022 | Senin, Mei 23, 2022 WIB Last Updated 2022-05-23T05:40:22Z

 


MP Pesisir Barat - Tahapan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Pesisir Barat terus berjalan. Ada beberapa bakal calon (balon) kepala desa atau kades petahana gugur pada seleksi tes tertulis calon yang digelar panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tingkat kabupaten. 


Tes tertulis di khususkan terhadap pendaftar yang lebih dari lima orang calon dalam satu Pekon, yang dipusatkan di aula STIT Multazam, Kecamatan Pesisir Tengah, pada Rabu (18/5/2022) beberapa hari yanglalu.


Dimana pelaksanaan tes tertulis terhadap pendaftar bakal calon peratin pada Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak tahun 2022 ini dilaksanakan langsung oleh tim seleksi dari akademisi Universitas Lampung (Unila). Artinya, semua soal tes tertulis itu langsung dari Unila yang menyiapkan.


Seleksi tes tertulis ini diikuti oleh 84 Bakal Calon (balon) Peratin dari 12 Pekon yang mengikuti Pilratin serentak di tahun 2022 dengan rincian Kecamatan Bangkunat, ada satu Pekon yakni Pekon Bandar Dalam dengan jumlah tujuh balon peratin, Kecamatan Pesisir Selatan, tiga Pekon yakni Pekon Paku Negara tujuh balon peratin, Biha enam balon peratin dan Pagar Dalam enam balon peratin. 


Kecamatan Krui Selatan ada satu Pekon yakni Pekon Lintik dengan jumlah tujuh balon peratin. Kecamatan Pesisir Tengah, ada satu Pekon yakni Pekon Pahmungan dengan jumlah tujuh balon peratin, Kecamatan Way Krui ada satu Pekon yakni Pekon Penggawa V Ilir sebanyak sembilan balon peratin, Kecamatan Karyapenggawa, ada satu Pekon yakni Pekon Way Sindi sebanyak sembilan balon peratin.


Kemudian Kecamatan Lemong, ada empat Pekon yakni Pekon Rata Agung dengan jumlah tujuh balon peratin, Way Batang ada enam balon peratin, Tanjung Sakti ada enam balon peratin, dan Pekon Tanjung Jati ada tujuh balon Peratin. Senin, (23/05/2022).


Dari Informasi yang berhasil dihimpun awak media, ada beberapa balon kades atau peratin petahana yang gagal dalam tes tertulis di antaranya balon Peratin Pekon Pahmungan, Kecamatan Pesisir Tengah, balon Peratin Pekon Tanjung Jati, Kecamatan Lemong. Selain itu ada juga mantan Peratin Pekon Biha, Kecamatan Pesisir Selatan juga gugur dalam tes terulis balon peratin sontak hal ini mendatkan perhatian kalangan masyarakat.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan  Pekon (DPMP), Nursin Candra mengatakan dari setiap pekon yang calon peratin lebih dari lima orang akan di ambil cuma lima calon saja. "Berdasarkan hasil tes tertulis dan dilakukan oleh Tim Seleksi (Timsel) Dari akademisi Universitas Lampung (Unila). Terkait peraturan itu ada tapi saya belum memahami persis karena namanya baru dilantik menjadi kepala dinas", pungkasnya(Rido) 

×
Berita Terbaru Update