Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Muli Meghanai Desa Negararatu Buay Manik Lamtim, Junjung Tinggi Adat Istiadat Lampung

Jumat, 11 Maret 2022 | Jumat, Maret 11, 2022 WIB Last Updated 2022-03-11T16:47:36Z

 


MP Lampung Timur - Warga Masyarakat Desa Negararatu Buay Manik, Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur, Khusus nya Muli Meghanai, atau yang disebut sebagai Bujang Gadis, masih menjujung tinggi adat istiadat Masyarakat Lampung.


Untuk menjaga dan menjujung tinggi adat istiadat Masyarakat Lampung, muli meghanai atau yang disebut sebagai bujang gadis, khusus muli meghanai Desa Negararatu Buay Manik, dalam rangka acara puter selendang, disertai tari Lampung, dalam rangka acara resepsi bujang gadis yang berlangsung, pada jum'at tanggal (11/3/2022).


Acara tersebut dilaksanakan disetiap ada nya acara resepsi pernikahan, khitanan, dan lain-lain, dan dalam rangka acara tersebut bukan hanya muli meghanai yang ada di Desa Negararatu Buay Manik saja, salah satu muli meghai yang di tunjuk sebagai kepalo meghanai atau yang dimaksud sebagai ketua pemuda bujang gadis yang ada di Desa Negararatu, Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampun Timur.


Yang mana beliau biasa disapa dengan nama panggilan, yang mana nama itu biasa dipanggil oleh para bujang gadis Desa Negararatu dengan nama Robi, selaku ketua pemuda bujang gadis, khusus nya di Desa Negararatu Buay Manik, menyampaikan dalam rangka acara yang sedang dilaksanakan pada jum'at (11/3/2022 malam ini,


Dalam rangka acara muli meghanai atau yang disebut sebagai acara bujang gadis ini, "dan acara ini biasa kami sebut sebagai acara muli meghanai, dan untuk acara yang sedang kami laksanakan ini adalah, dalam rangka acara hiburan sebagai puter selendang, dan acara ini khusus hanya untuk yang berstatus bujang dan gadis saja," ungkap Robi.


Lanjut Robi, "dan acara yang kami langsanakan ini bukan hanya muli meghanai yang ada di Desa Negararatu Buay Manik saja, "namun juga dihadiri oleh beberapa muli meghanai (bujang gadis) dari beberapa Desa dan Kecamatan lain, yang telah kami undang melalui uleman kami agar dapat menghadiri acara yang kami laksanakan, dan hal ini kami lakukan untuk menjaga tali silaturahmi kami selakku muli meghamai atau bujang gadis.


"Dan acara yang kami laksanakan ini bukan hanya sekedar puter selendang saja, namun kami adakan juga tari adat istiadat Lampung, disaat pembukaan acara yang kami laksanakan. "Dan untuk diketahui juga, bahwa acara yang kami laksanakan ini bukan hanya sekedar untuk menjaga dan menjujung tinggi adat istiadat budaya Lampung saja.


"Tapi kami melaksanakan acara bujang gadis ini, juga semata-mata untuk menjaga dan menjunjung tinggi tali persahabatan dan tali persaudaraan yang baik selaku bujang gadis, dan hal ini kami laksanakan bukan hanya suku Lampung saja. "Tapi dari berbagai macam suku bahasa dan bangsa indonesia, untuk pelaksanaan acara bujang gadis, yang kami laksanakan di Desa Negararatu Buay Manik, Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur ini," tutup Robi. (Fatullah)

×
Berita Terbaru Update