Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tim Surveyor Re-Akreditasi Lakukan Kunjungan di UPT Puskesmas Kelumbayan

Kamis, 14 Desember 2023 | Kamis, Desember 14, 2023 WIB Last Updated 2023-12-14T02:14:07Z


MP Tanggamus -- Tim Independen yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Kesehatan melakukan kegiatan Akreditasi di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Kelumbayan Kabupaten Tanggamus, Lampung, Rabu (13/12/2023)


Adapun Tim yang hadir diantara nya Daniel,SKM,.M.Kes,(surveyor TKSD),dr.Selly Stepriyani MARS (surveyor TKPP)


Akreditasi Puskesmas adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan Puskesmas yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan.


Penguatan pelayanan kesehatan primer (Primary Health Care/PHC) merupakan salah satu pilar utama dalam agenda transformasi sistem kesehatan nasional yang saat ini sedang disusun oleh tim transformasi kesehatan, Kementrian kesehatan. Salah satu elemen penguatan PHC adalah terbangunnya kerangka kerja peningkatan mutu pelayanan (quality framework) melalui sistem akreditasi fasilitas kesehatan primer yang kuat dan dengan manajemen yang baik sesuai standar internasional.


Berbagai upaya untuk penyesuaian dalam pelaksanaan akreditasi maupun penyempurnaan standar telah dilakukan pemerintah melalui Permenkes no 34 tahun 2022 tentang Akreditasi Puskesmas, klinik, Laboratorium kesehatan dan transfusi darah.


UPT Puskesmas Kelumbayan sendiri telah melaksanakan serangkaian proses reakreditasi dari tanggal 11,12 dan puncak nya di tanggal 13 Desember 2023.


Proses reakreditasi ini merupakan salah satu proses penilaian kesesuaian mutu layanan Puskesmas dengan standar yang telah ditetapkan. Standar akreditasi yang digunakan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no HK.01.07/MENKES/165/2023 tentang standar akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat.


Proses survei terbagi menjadi Daring dan Luring dalam 3 hari pelaksanaan.


Jadwal hari 1 dilaksanakan secara daring dengan agenda telaah dokumen telusur elemen penilaian.


Jadwal hari ke-2 dan ke-3 secara luring meliputi kegiatan:

1. Telusur penyelenggaraan layanan

2. Telusur fasilitas

3. Wawancara lintas sektor

4. Wawancara pimpinan dan dinas kesehatan


Dengan adanya survei reakreditasi ini diharapkan proses perbaikan mutu pelayanan secara berkelanjutan serta berkesinambungan di UPT Puskesmas Kelumbayan tetap terjaga.


Wahyu Dwi Sapitra, Kepala UPT Puskesmas Kelumbayan mengungkapkan," hari ini Puskesmas Kelumbayan menghadapi kegiatan Reakreditasi per 5 tahun, survei layanan. Kegiatan ini sudah berlangsung 3 hari, sejak 11 Desember hingga hari ini. Kami meminta dukungan semua dari lintas sektor, masyarakat pengguna layanan.” ujarnya


Ia pun menambahkan, selama kegiatan ini tidak ada kendala, berjalan dengan baik.


“Masukan dan saran dari masyarakat sangatlah penting, untuk kemajuan Puskesmas ini,” tutupnya(obi)

×
Berita Terbaru Update