Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menuju Desa Berbasis Digital, Desa Fajar Baru Kembangkan Pelayanan Online

Jumat, 22 Desember 2023 | Jumat, Desember 22, 2023 WIB Last Updated 2023-12-22T07:20:18Z

 


MP MESUJI—Desa Fajar Baru, Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji mulai beralih kepada pelayanan berbasis online, Minggu 13 Agustus 2023.


Penjabat Kepala Desa Fajar Baru, Iqbal, mengatakan jika pelayanan surat menyurat dapat dilakukan warganya melalui smartphone dengan mengakses website fajarbaru-mesuji.desa.id.


Banyak fitur yang ditawarkan, selain surat menyurat, masyarakat juga dapat mengakses keuangan desa, juga informasi jumlah masyarakat yang tinggal di desa ini," jelas Iqbal.


Gagasan Desa smart village ini, lanjut Iqbal, dapat terwujud dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU)antara Desa Fajar Baru dengan perkumpulan desa digital untuk hak akses aplikasi ini.


"Meskipun digital, penggunanya harus memiliki akun terlebih dahulu yang disetujui pemerintah desa, barulah mereka bisa urus surat dari rumah. Ini dilakukan untuk mengontrol pengguna website adalah warga kami. Dan website sudah ada dari 2018 namun pelayanan baru launching ini," lanjut dia.


Disisi lain, Sumarno, warga setempat mengaku jika dengan adanya website ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat.


"Bahkan dengan ini, kami bisa mengetahui perangkat desa yang hadir atau absen. Tentu ini memberikan kemudahan tersendiri bagi kami untuk mengurus segala perizinan yang melibatkan desa," tutur dia. (Steri Hananya) 

×
Berita Terbaru Update