Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kasus Dana Desa Belum Dituntaskan, AWASI: Ajak Masyarakat Mengawasi Dana Desa

Senin, 27 Maret 2023 | Senin, Maret 27, 2023 WIB Last Updated 2023-03-27T13:39:45Z
Foto. Ist

MP Tubaba - Pengunaan Dana Desa kerap disalahgunakan oleh Aparat Desa dengan minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum mengetahui dan paham akan regulasi pelaksanaan keuangan Desa.

Hal tersebut masih banyak kasus-kasus Dana Desa yang sebelumnya belum dituntaskan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung.

Dengan adanya program Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tubaba mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Aparatur Tiyuh dalam upaya pencegahan perilaku Korupsi dinilai sudah efektif dan belum maksimal.

Diketahui, bahwa kegiatan Bimtek tersebut diadakan di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung sejak tanggal 19-21 Maret 2023, oleh Badan Kerjasama Antar Tiyuh dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sriwijaya.

Pendiri Aliansi Wartawan Siger (AWASI), Sandi Chandra Pratama, S.Psi menilai dengan adanya program tersebut dinilai sudah efektif dan belum maksimal.

"Dengan adanya kegiatan pemahaman anti Korupsi dinilai sudah efektif untuk pencegahan, tetapi belum maksimal dalam pelaksanaan penggunaan Dana Desa itu sendiri", ungkap Sandi. Senin, (27/3/2023).

Selain itu juga, Sandi mengajak partisipasi masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa mulai dari pelayanan publik, pembangunan dan prioritas penggunaan Dana Desa.

"Saya juga berharap kepada masyarakat dan Aparat Penegak Hukum agar berpartisipasi dalam pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Desa supaya terwujudnya kesejahteraan bersama", cetus Sandi. (*)
×
Berita Terbaru Update