Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Anggota DPRD Abu Bakrie Memberikan Gelar Adok Kepada Bupati Lampung Selatan

Senin, 27 Maret 2023 | Senin, Maret 27, 2023 WIB Last Updated 2023-03-27T14:58:47Z


MP Lamsel - Wakil Ketua 1, Agus Sartono, A.Md beserta Ketua Komisi IV DPRD, Syaiful Azumar, S.H., M.H., dan beberapa anggota DPRD serta Sekretaris DPRD Lampung Selatan,, Thomas Amirico, S.STP., M.H. menghadiri undangan dari Pekhwatin Punyimbang Adat Lampung (PEKHPAL) Marga Katibung Kabupaten Lampung Selatan dalam rangka Pemberian Gelar / Adok kepada Bupati dan Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, sekaligus pengukuhan pengurus PEKHPAL Marga Katibung Kabupaten Lampung Selatan di Desa Kotadalam Kecamatan Sidomulyo pagi tadi. (05/01/2023).


Rangkaian acara yang penuh dengan nuansa adat Lampung mulai dari diaraknya Bupati Lampung Selatan, Hi. Nanang Ermanto, Ketua TP PKK, Hj. Winarni Nanang Ermanto, dan Ketua Umum PEKHPAL, Hi. Abu Bakrie, S.Pd., M.M. 


Yang juga merupakan anggota DPRD Lampung Selatan menggunakan tandu berbentuk burung garuda yang diartikan orang-orang istimewa yang mendapat kehormatan dari Marga Katibung, yang kemudian dilanjutkan dengan acara Ngeheppong yang berarti meminta izin kepada pemangku adat Marga Katibung untuk memasuki Sesat Agung atau tempat berlangsungnya acara pemberian gelar / adok.


Alunan musik dan lagu-lagu klasik Lampung khas Marga Katibung yang dibalut dengan petuah, nasehat, dan doa, menjadi tontonan yang unik dan menarik bagi Forkopimda, undangan, serta kurang lebih 1000-an masyarakat sekitar yang antusias menyaksikan gelaran acara adat tersebut.


Duduk di mimbar utama, Bupati dan istri didampingi Camat Katibung, Firdaus Adam S.STP., M.M. dan istri serta Camat Sidomulyo, Erman Suheri, S.E., serta istri, Ratnawati, S.E. yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Lampung Selatan.


Sebelum pemberian gelar / adok, Bupati Lampung Selatan terlebih dahulu mengukuhkan kepengurusan PEKHPAL Marga Katibung. Tercatat ada 3 (tiga) anggota DPRD dan 1 orang ASN Sekretariat DPRD yang merupakan pengurus PEKHPAL yang turut dikukuhkan, diantaranya :


- Hi. Abu Bakrie, S.Pd., M.M. (Anggota DPRD) gelar Suntan Pembina Marga sebagai Ketua Umum PEKHPAL.


- Farizal Purba, S.E. (Anggota DPRD) gelar Tuan Pangikhan Bandahk sebagai Ketua Harian PEKHPAL.


- Suhendra (Anggota DPRD) gelar Batin Khaja Pertama sebagai Wakil Ketua I PEKHPAL, dan


- Andi Sopian, S.H., M.H. (ASN Sekretariat DPRD) gelar Suntan Mangkunegara sebagai Wakil Ketua III PEKHPAL.


Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian gelar / adok kepada Bupati Lampung Selatan, Hi. Nanang Ermanto yang mendapatkan gelar kehormatan Pangikhan Nata Marga, sedangkan Ketua TP PKK, Hj. Winarni Nanang Ermanto mendapat gelar / adok Pangikhan Ibu Pertiwi.


Dalam sambutannya Nanang Ermanto mengucapkan selamat atas dikukuhkannya pengurus PEKHPAL Marga Katibung, dan mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada masyarakat adat Marga Katibung yang telah memberikan gelar kehormatan kepadanya.


“Saya begitu terharu dan tidak dapat berkata apa-apa lagi, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat adat Marga Katibung yang telah memberikan gelar kehormatan yang luar biasa ini kepada saya, sungguh ini merupakan tantangan dan tugas yang berat bagi saya, mengingat gelar Pangikhan Nata Marga ini yang berarti saya harus dapat menyatukan seluruh marga yang terdapat di Lampung Selatan ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada orangtua saya, ayah Hi. Abu Bakrie yang selalu memberikan masukan dan motivasi kepada saya untuk melakukan terobosan dan inovasi. 


Meskipun warna kami berbeda, tapi kami mempunyai tujuan yang sama untuk lebih peduli dan memperhatikan serta mensejahterakan masyarakat Lampung Selatan”, pungkasnya yang disambut oleh tepuk tangan seluruh tamu undangan yang hadir.


Acara ditutup dengan kegiatan foto bersama, dan secara umum, keseluruhan acara berlangsung dengan tertib, meriah tanpa suatu kendala. (Sho/Humas Sekr. DPRD)

×
Berita Terbaru Update