Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kecewa Akan Kinerja Kesra Kabupaten Pelalawan, HIPMAWAN Gelar Aksi Damai Depan Kantor DPRD

Selasa, 03 Januari 2023 | Selasa, Januari 03, 2023 WIB Last Updated 2023-01-03T07:53:40Z

 


MP Pelalawan (Riau) -- Himpunan Mahasiswa Kabupaten Pelalawan (HIPMAWAN) Gelar Aksi Di depan Kantor DPRD Kabupaten Pelalawan, Pasalnya mereka kecewa karena kinerja daripada Kesra Kabupaten Pelalawan Dinilai Tidak bagus dalam proses penentuan Penerima Bantuan Pendidikan atau beasiswa Pelalawan Tahun Anggaran 2022, Aksi yang di gelar pada hari Senin, tanggal 2/01/2023 berlangsung damai dengan pengamanan dari pihak kepolisian Polres Pelalawan.


Masa aksi yang hadir merupakan anggota dari HIPMAWAN dan gabungan dari masing-masing kecamatan yang tergabung di HIPMAWAN, Korlap yang di komandoi oleh Handi Eka Syahputra, Sangat menyayangkan kinerja Dari kesra Kabupaten Pelalawan Tahun ini.


“Saya sebagai Mahasiwa yang tergabung di HIPMAWAN sekaligus koordinator Lapangan pada aksi ini, sangat menyayangkan kinerja dari kesra yang kami nilai sangat bobrok, saya juga menghimbau kepada aparat untuk tidak anarkis dan jangan ada masa aksi kami yang di senggol “ kata eka Pagi tadi.


Aksi yang berlangsung kurang lebih setengah jam, di terik panas nya matahari, tidak membuat semangat kawan-kawan kendor, mereka tetap berjuang demi hak seluruh mahasiswa pelalawan yang di rampas oleh kesra, Dari orasi kawan-kawan, mereka menyebutkan anggaran sebesar 10 M lebih dengan jumlah Mahasiswa yang lolos, tidak balance, Mereka mempertanyakan kemana anggaran itu semua.


Firdaus dan Givo selaku pimpinan HIPMAWAN, Meminta kepada ketua DPRD Untuk Hadir dan menjumpai kami di depan gerbang gedung DPRD Pelalawan, Tak lama kemudian ketua DPRD Pelalawan Baharudin, S.H.,M.H yang di dampingi Oleh Komisi I dan seluruh jajaran DPRD pelalawan serta aparat yang ikut mengawal aksi.


“Dari 35 anggota dewan yang ada di DPRD Pelalawan, yang saya ketahui hanya ada 2 yang mau menjumpai kami, sama meminta kepada ketua DPRD Pelalawan untuk memanggil anggota DPRD yang lain, setidaknya anggota DPRD yang tergabung di komisi I ini, kami baru mau menyampaikan tuntutan kami ini jika kesra juga di hadirkan di depan kami “ kata firdaus pagi menjelang siang tadi.


Ketua DPRD Pelalawan Baharudin melihat mahasiswa kepanasan dan beliau menilai tidak efektif jika berdiskusi di terik matahari, beliau menyarankan untuk berdiskusi di ruangan yang sudah di siapkan, beliau memfasilitasi.


“Saya sangat berterimakasih sekali kepada adik-adik mahasiwa yang melakukan aksi pada pagi hari ini, karena melihat situasi juga panas, saya memberikan saran untuk berdiskusi di dalam ruangan dan saya akan hadirkan Sekda Pelalawan Jika adik-adik mau “ kata Baharudin pagi tadi saat menemui masa aksi.


Dengan diskusi panjang yang di kepalai oleh ketua HIPMAWAN itu sendiri, akhirnya masa aksi menerima tawaran dari ketua DPRD Pelalawan Untuk Berdiskusi di dalam, dengan Catatan Pak Sekda harus ada di dalam, jika tidak ada maka kami akan tetap menunggu di luar dan melakukan aksi.


Setelah di dalam ruangan, firdaus membacakan Beberapa Tuntutan diantara nya adalah pertama Menuntut Pihak kesra untuk merincikan secara detail dan tuntas anggaran bantuan pendidikan mahasiswa pelalawan pada tahun 2022 dan kepada DPRD Komisi I untuk melakukan pengecekan dan pengawasan kinerja kesra serta memintas LPJ Bantuan Pendidikan Yang telah di kirim ke pusat, kedua meminta bupati dan DPRD Pelalawan memperjelas, merincikan dan transparansi terkait perbup bantuan beasiswa pendidikan Tahun 2022, ketiga menuntut DPRD dan Bupati Untuk mencopot Kabag kesra kabupaten Pelalawan.


Diskusi dan perdebatan alot pun terus di lontarkan oleh kawan Mahasiwa dengan adu argumen yang di lontarkan ke pihak kesra, Baharudin sebagai fasilitator, mengambil kesimpulan dan memintai kesiapan kesra untuk transparansi terkait beasiswa ini, dan akhirnya mereka sepakat Rabu,Tanggal 04/01/2023 Kesra dalam hal ini Kabag kesra hadir di gedung DPRD Pelalawan Bersma Komisi I Dan beberapa perwakilan Dari Mahasiswa. (Givo)

×
Berita Terbaru Update