Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pemkot Tambah 2 Puskesmas Rawat Inap di Bandar Lampung

Selasa, 13 Desember 2022 | Selasa, Desember 13, 2022 WIB Last Updated 2022-12-19T15:29:50Z

MP Bandar Lampung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menambah dua bangunan puskesmas rawat inap di Kelurahan Way Laga Kecamatan Sukabumi dan Kelurahan Kampung Sawah Kecamatan Tanjung Karang timur.

Saat ini, Bandar Lampung memiliki 15 Puskesmas Rawat Inap yakni, Puskesmas Sukarame, Satelit, Sukabumi, Way Halim, lalu Gedong Air, Kemiling, Simpur, kemudian Kota Karang, Kedaton, Panjang, Way Kandis, Sukaraja, Sukamaju, serta Way Laga dan Kampung Sawah.

“Kalau puskesmas kita masih 31 di seluruh kecamatan di Bandar Lampung. Tapi untuk rawat inapnya alhamdulillah kita sudah meresmikan 2 puskesmas, jadi sekarang total 15 puskesmas rawat inap,” ujar Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana, usai meresmikan Puskesmas Kampung Sawah, Selasa (13/12/2022).

Sebelumnya 2 puskesmas yang baru diresmikan tersebut hanya melayani rawat jalan. Namun Pemkot menambah bangunan menjadi dua tingkat dan fasilitas, sehingga menjadi rawat inap.

“Kalau puskesmas lainnya kan masih bagus-bagus. Tapi kita akan ke puskesmas lainnya juga, Insyaallah secara bertahap jadi ada yang sudah dibangun ada yang belum,” sambungnya.

Selain melakukan perbaikan dan penambahan gedung pada puskesmas rawat inap, Eva juga mengatakan bahwa puskesmas rawat inap nantinya akan ditambahkan tenaga medis utama yakni dokter.

“Di Puskesmas Kampung Sawah ini sekarang bertambah menjadi 56 perawat. Sehingga kalau masyarakat jangan ragu untuk datang berobat kesini. Karena Insyaallah gedung udah bagus dan juga perawatnya sudah ditambah,” jelasnya. 

Eva juga menerangkan, pihaknya akan membangun kembali beberapa puskesmas rawat jalan menjadi rawat inap di tahun 2023. 

"Kita harapkan PAD nya membaik, sehingga tahun depan bisa membangun 2 atau 3 puskesmas rawat inap," tuturnya.

Ia berpesan kepada seluruh tenaga kesehatan untuk mengedepankan keramahan kepada masyarakat yang datang berobat. 

"Harus melayani dengan senyuman dan menerima siapapun yang hendak berobat. Artinya harus memberikan pelayanan yang terbaik. Karena dengan senyum Insya Allah yang sakit akan jadi sehat. Kalau kita pelayanan baik orang juga akan senang dengan kita,” tandasnya.

Kemudian, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan mengatakan, pembangunan puskesmas rawat inap ini menggunakan anggaran APBD 2021. 

"Anggarannya sekitar Rp5 miliiar untuk 1 Puskesmas. Jadi untuk 2 Puskesmas itu sekitar Rp10 miliyar," ujarnya. (NR)
×
Berita Terbaru Update