Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jelang Nataru, Pemkot Pastikan Ketersediaan Pangan Di Bandar Lampung Cukup

Rabu, 14 Desember 2022 | Rabu, Desember 14, 2022 WIB Last Updated 2022-12-19T15:01:49Z

MP Bandar Lampung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung pastikan menjelang Natal dan Tahun Baru ketersediaan bahan baku pangan di Bandar Lampung cukup.

"Ketersediaan pangan kota Bandar Lampung untuk Nataru sangat cukup sekali, cuman ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan seperti cabe, beras dan telur," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung, I Kadek Sumartha saat dimintai keterangan, Rabu (14/12/2022).

Kadek juga mengatakan, kenaikan harga pangan salah satunya terjadi pada telur. Dimana harga telur saat ini bisa mencapai Rp30 ribu/kg, dengan harga sebelumnya Rp23 ribu sampai Rp25 ribu/kg.

"Ini masalahnya ada di pakan. Karena pakan dari impor," jelasnya.

Selain harga telur, lanjut kadek, harga cabai juga mengalami kenaikan yakni pada cabai rawit sekitar Rp3 ribu/kg. Hal itu disebabkan karena belum adanya panen raya sehingga kebutuhan masyarakat tidak sesuai dengan ketersediaan bahan.

"Kalau untuk cabe masalahnya karena belum panen raya sedangkan kebutuhan masyarakat menjelang Nataru sangat tinggi, perekonomian sudah membaik, semua usaha UMKM restoran dan rumah makan juga sudah membaik jadi wajar mengalami kenaikan permintaan," terangnya.

Namun, untuk mengatasi hal tersebut kadek mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan para petani dari luar daerah seperti Lampung Tengah, Pesawaran, dan Lampung Timur.

"Kita selalu kontak dengan petani cabe. Barang masuk terus, cuman memang mengalami kenaikan karena belum panen raya. Harus menunggu sampai akhir Desember," paparnya. (NR)
×
Berita Terbaru Update