Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

IDI : Dihimbau Kepada Semua Orangtua Agar Rutin Cek Produksi Volume Urine

Senin, 24 Oktober 2022 | Senin, Oktober 24, 2022 WIB Last Updated 2022-10-24T08:54:26Z

MP Bandar Lampung - Kasus Gelaja Gagal Ginjal Akut Mengancam Anak-anak, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung menghimbau agar Orangtua Rutin Mengecek Produksi Volume Urine Anak Sebagai Identifikasi Awal. 

Dewan Pakar Ikatan Dokter Indonesia Lampung, Dokter Boy Zaghlul Zaini menyebut Penyakit Gagal Ginjal Misterius dapat dilihat dari hasil produksi urine pada anak, penyakit misterius ini menyerang anak pada usia 0 hingga 18 Tahun.

Dokter Boy menghimbau kepada Para Orangtua yang anaknya sedang sakit dan mengkonsumsi obat, harus sering-sering mengecek apakah anak mengeluarkan urine yang sesuai atau tidak dengan konsumsi air putih. 

"Teruntuk kepada orangtua yang memiliki anak di bawah usia 0-18 tahun, agar sering mengecek anaknya yang sedang sakit, apakah mengeluarkan urine yang sesuai atau tidak, " Kata Dokter Boy, Senin (24/10/22022).

Dokter Boy juga mengingatkan bahwa pentingnya pola hidup sehat terutama kesehatan anak-anak. Dimana, saat ini banyak kasus batuk pilek yang mendera anak-anak karena faktor cuaca, dan beberapa mengharuskan mengkonsumsi obat-obatan.

"Kami dari IDI Lampung mengingatkan kepada seluruh warga Bandar Lampung, agar menerapkan pola hidup sehat terutama khususnya Anak-anak," ujarnya. 

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan tidak panik apabila anaknya sakit, karena mereka bisa mengonsumsi paracetamol dalam bentuk tablet dengan takaran yang sesuai resep dokter. 

"Untuk masyarakat jangan panik, tetap tenang kalo ada anaknya yang sakit, bisa konsumsi obat paracetamol yang berbentuk tablet," paparnya.

Saat ini menteri kesehatan telah menginstruksikan agar obat sirup anak yang beredar di pasaran ditarik untuk mencegah penyakit gagal ginjal akut misterius. (NR)
×
Berita Terbaru Update