Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pemerintah Adakan Asesmen Nasional Sebagai Ganti Ujian Nasional di Dunia Pendidikan

Jumat, 16 September 2022 | Jumat, September 16, 2022 WIB Last Updated 2022-09-15T18:32:04Z


MP Tubaba - Sebanyak 1.936 siswa dari 55 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan mengikuti Asesmen Nasional (AN). 


Asesmen Nasional Merupakan program penilaian mutu pembelajaran untuk sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang pendidikan dasar dan menengah. 


Asesmen Nasional berperan sebagai pengganti ujian nasional. Asesmen nasional sendiri digunakan sebagai sumber informasi dan evaluasi mutu sistem pendidikan.


Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tubaba Budiman Jaya yang diwakili Kepala Bidang Dikdas Qodhi P. Bujung saat ditemui di ruangan nya, Rabu (14/9/2022) 


"Dengan diadakan Asesmen Nasional sudah tidak ada lagi Ujian Nasional. Maka, Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer untuk mendapatkan raport pendidikan dari masing-masing satuan Pendidikan," Ucapnya


Lanjut Qodhi "Kegiatan tersebut akan diselenggarakan mulai, Senin 19/9/2022 sampai Kamis 22/9/2022 dengan tujuan untuk melakukan pemetaan dan evaluasi guna mengembangkan karakter dan kompetensi siswa. 


Sementara itu, "Pihak sekolah sendiri sudah memiliki beberapa Chrome book guna mengikuti Asesmen Nasional, semoga tidak ada kendala saat kegiatan tersebut berlangsung, mulai dari jaringan internet dan aplikasi di masing-masing sekolah,"


Masih kata Qodhi "terdapat tiga aspek bagian penilaian dari Asesmen Nasional yaitu : Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar," Jelasnya. (Bima)

×
Berita Terbaru Update