Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Meriahkan Hari Kemerdekaan RI ke- 77, Pencinta Selam Kibarkan Bendera di Dasar Laut Teluk lampung.

Jumat, 12 Agustus 2022 | Jumat, Agustus 12, 2022 WIB Last Updated 2022-08-12T05:48:53Z

 


MP Bandar Lampung -- Sejumlah masyarakat pencinta Selam akan melakukan pengibaran bendera di dalam dasar laut teluk Lampung. Kegiatan yang di inisiasi oleh Brigif marinir 4/BS, klub selam Anemon FMIPA Unila bersama, Lanal Lampung dan Ditpolair Polda Lampung, satbrimob polda lampung serta sejumlah masyarakat pencinta Selam ini sebagai bentuk kecintaan kepada tanah air.

 

Pasops brigif 4 Mar/BS Letkol Mar James Munthe menjelaskan, kegiatan ini kami sangat mendukung sepenuhnya. Tidak hanya untuk bergabung dalam pengibaran bendera di dasar laut, namun juga kegiatan lain yang bersentuhan langsung kepada masyarakat dalam rangkaian kemeriahan hari kemerdekaan RI.


‘’Ada beberapa edukasi bagi masyarakat seperti transplantasi terumbu karang,aksi bersih laut dan pantai, pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat hingga donor darah oleh para personel marinir dan adik-adik mahasiswa hingga karnaval laut oleh para masyarakat'’. Ungkap letkol Mar James Munthe.


Kami memang merencanakan kegiatan ini agar bisa terlaksana secara sukses dan penuh suka cita.Tambah James 


Abdul aziz yang juga Ketua Umum Klub Selam Anemon FMIPA Unila mengatakan. Dalam rangka memperingati Dirgahayu ke-77 Republik Indonesia, Klub Selam Anemon Unila akan turut serta mengadakan kegiatan pengibaran bendera merah putih di bawah laut wilayah barat Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia Bersama masyarakat dan tni/polri.   


Ada pun tema kegiatan ini adalah Semangat Nasionalisme dalam Wujud Cinta Bahari. Selain dari pengibaran bendera, kegiatan lainnya juga akan dilangsungkan oleh para pencinta selam yang mungkin akan datang dari berbagai wilayah di Indonesia.


Kegiatan yang akan berlangsung tanggal 16 hingga 18 Agustus 2022 digelar didusun Kalangan, Desa Pahawang Pesawaran Lampung.dipastikan akan menjadi salah satu daya Tarik tersendiri baik dalam Kawasan bahari maupun pesona pariwisatanya. Disamping terdapat Pendidikan atau edukasi yang akan di berikan.


‘’ ada Pendidikan yang akan diterapkan yaitu kelas cinta bahari bagi anak - anak SD sampai SMP, dan pengenalan selam konservasi untuk remaja dusun kalangan.’’ Tambah abdul azis.


Dunia bawah laut yang berada di Kawasan teluk lampung tidak kalah dengan wilayah lain di Indonesia saat ini, dengan pengibaran bendera bawah laut ini juga akan memperkaya Kawasan wisata yang akan ditunjukkan. Disamping Pendidikan dalam menjaga ekostim laut yang ada, seperti menjaga trumbu karang.menjaga kelestarian lingkungan laut dari pencemaran baik sampah rumah tangga maupun industry dan juga lainya.


Menurut Adul, selain masyarakat, wisatawan juga perlu diedukasi agar jangan sampai merusak laut,masyarakat juga diberikan pelatihan cara menyelam dan menangkap ikan tanpa merusak ekosistem nya, karena masyarakat pesisir ini merekalah yang terdekat dengan laut.


Sedangkan untuk peserta yg akan melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah Laut diperkirakan berjumlah 50 peserta yang terdiri dari beberapa Klub Selam yang ada di Wilayah Indonesia Barat, personel TNI/POLRI, hingga sejumlah rekan-rekan media.


Harapan setelah terlaksana nya kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa nasionalisme kita terhadap bangsa Indonesia, menyatukan semua elemen yg ada di Lampung demi Kemajuan Pariwisata dan juga menjaga kelestarian alam khususnya Lautan yang ada di Lampung. 


Jika ada masyarakat atau perusahaan atau institusi ada yang ingin turut serta dalam kegiatan-kegiatan tersebut bisa menghubungi Abdul Aziz (0813 6860 6348), Adrian Reza (0811 491 5384), atau melalui instagram anemondc. (**)

×
Berita Terbaru Update