Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sukses Gelar Uji Kompetensi Klining Servis, Ahmad Apriliandi: Semoga Perusahaan Klining Servis di Lampung Makin Maju

Sabtu, 02 Juli 2022 | Sabtu, Juli 02, 2022 WIB Last Updated 2022-07-02T00:17:51Z

MP Bandar Lampung - DPP Apklindo (Dewan Pengurus Provinsi Asosiasi Perusahaan Klining Servis) Lampung menyelenggarakan kegiatan Uji Kompetensi atau Sertifikasi Tenaga Kerja Klining Servis yang dilaksanakan pada 1-2 Juli 2022 di Villa Dangau Kedaung, Sabtu (2/7/2022).

Ketua DPP Apklindo Lampung Ahmad Apriliandi Passa mengatakan bahwa 
uji kompetensi ini diikuti sebanyak 60 orang peserta.

"Tenaga kerja Klining service yang mengikuti uji kompetensi Tingkat Kliner Junior dan 2 orang pengawas Klining Servis untuk Uji Kompetensi Posisi Kordinator sebagai kelanjutan dari Sertifikasi Supervisor," kata Apri.

Sambungnya, "Hingga saat ini telah tercatat sekitar 300 tenaga kerja klining servis di Lampung yang telah mengikuti sertifikasi Klining servis tingkat Junior sejak 2020 sampai dengan saat ini," ujarnya.

Apri menjelaskan bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi ini yang bertindak sebagai penguji dan yang mengeluarkan sertifikat ini dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Klining Servis dan terintegrasi dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Manfaat dari sertifikasi ini dapat meningkat profesionalisme tenaga kerja klining servis dan meningkatkan daya saing dari perusahaan lokal di Lampung sehingga tenaga kerjanya kompeten (telah tersertifikasi) yang di milikinya dapat dimasukkan ke data base e-katalog lokal klining servis LKPP sehingga dapat bersaing mendapatkan pekerjaan di pemerintahan se-Lampung dan penyedia pekerjaan swasta lainnya," jelasnya.

Perwakilan dari Assesor LSP Klining Service - BNSP, Irwan menyampaikan bahwa masing-masing klining servis yang mengikuti uji kompetensi tersebut akan dicoba berdasarkan kemampuan dan hasil kerjanya.

"Uji Kompetensi ini adalah ujian kemampuan bekerja dari klining servis agar bekerja lebih baik dan kompeten serta memiliki karir yang baik di waktu mendatang," ujar Irwan.

Salah satu peserta uji kompetensi Kliner skema Junior Hariyati dan Diah Tri Karyani karyawan dari PT. Gemilang Mulia Sarana yang kesehariannya bekerja sebagai Klining servis di RSUD Bandar Negara Husada - Lampung Selatan, merasa senang dengan diikutsertakan sebagai peserta uji kompetensi.

"Terimakasih kepada perusahaan yang telah memberikan perhatian kepada karyawannya dan uji kompetensi dilaksanakan di alam terbuka jadi lebih santai dan tidak menegangkan, harusnya kegiatan seperti ini lebih sering dilaksanakan," ujarnya. 

Senada dengan Hariati dan Diah, Syahrun Karunia yang bertindak sebagai Ketua Panitia uji kompetensi mengatakan "Kegiatan seperti ini akan digelar oleh DPP Apklindo Lampung secara rutin dan terjadwal agar lebih banyak tenaga kerja klining servis di Lampung yang tersertifikasi dan terampil, apalagi saat ini sudah ada e-katalog lokal klining servis di 15 pemerintahan Kota/ Kabupaten se-Lampung sehingga perusahaan lokal di Lampung harus mempersiapkannya karena di e-katalog mempersyaratkan adanya tenaga terampil bersertifikat dari klining servis Junior, Senior, Team Leader, Supervisor, Kordinator dan Quality Control," ujarnya yang merupakan salahsatu peserta uji kompetensi naik level dari supervisor ke koordinator.

DPP Apklindo Lampung berharap insan tenaga kerja klining servis di Lampung dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensinya dan perusahaan klining servis lokal dapat kompetitif bersaing mengisi permintaan dari pasar klining servis di lingkup pemerintahan Provinsi Lampung yang semakin terbuka apalagi sudah ada e-katalog klining servis. (NR)
×
Berita Terbaru Update