Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jaga Kelestarian Hutan, TNI Bersama Masyarakat Pekon Bedudu Tanam Pohon Sebanyak 4000 Pohon

Rabu, 13 Juli 2022 | Rabu, Juli 13, 2022 WIB Last Updated 2022-07-13T11:25:43Z

 


MP Lampung Barat - Dalam rangka menjaga kelestarian hutan adat di wilayah setempat, masyarakat, bersama unsur TNI, organisasi kemasyarakatan serta jajaran aparatur pemerintah Pekon Bedudu, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat melakukan penanaman pohon serentak sebanyak 4.000 batang tanaman buah diantaranya pinang batara, durian dan alpukat.


Penanaman bibit tanaman produktif ini menjadi salah satu prioritas program Dana Desa tahun 2022 melalui bidang ketahanan pangan dan hortikultura, dimana pada tahap awal pemerintah pekon melakukan penanaman sebanyak 4.000 batang, dan di tahap selanjutnya akan ditambah 6.000 batang. 


Dengan adanya penanaman jenis pohon buah selain untuk menjaga hutan agar tetap lestari, kedepan masyarakat juga bisa memanfaatkan hasilnya, untuk itu kami harap semua bisa bersama -sama menjaga dan merawatnya,” kata Alex.


Disamping itu, Alex berharap menjaga kelestarian hutan tidak hanya dilakukan oleh masyarakat yang bermukim di seputaran hutan adat tersebut akan tetapi juga bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat pekon bedudu, hal itu tidak lain sebagai bentuk komitmen dalam rangka mendukung kabupaten lambar sebagai kabupaten konservasi. 


“Yang terpenting kita tidak melihat dari jumlah bibit yang ditanam, akan tetapi bagaimana kita fokus pada usaha untuk memeliharanya. Meskipun jumlah yang ditanam sedikit tetapi ketika kita berhasil merawatnya hingga tumbuh besar dan subur maka itu yang terbaik,” harapnya.


Disisi lain Alex menambahkan bahwa dalam program penanaman pohon ini pemerintah pekon juga berkolaborasi dengan organisasi masyarakat yakni Rainforest Alliance atau atau sebuah organisasi yang fokus pada kegiatan pelestarian hutan.


“Jadi dalam program ini kami bekerjasama dengan Rainforest Alliance, dan peran mereka adalah membantu dan mengedukasi masyarakat tentang pola-pola pembibitan tanaman yang kami tanam maupun kami bagikan,” tutupnya.(Azakih Harosih)

×
Berita Terbaru Update