Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Atasi Krisis Pangan Dunia, Jokowi Ungkap Isi Pertemuan Presiden Ukraina dan Rusia

Kamis, 07 Juli 2022 | Kamis, Juli 07, 2022 WIB Last Updated 2022-07-07T04:57:34Z

 


MP Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan isi pertemuannya dengan dua pimpinan Negara yang sedang berkonflik Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin. 


Jokowi mengatakan salah satu yang dibahas yakni tentang krisis pangan dunia yang telah 

melanda berbagai Negara di dunia.


Jokowi mengatakan, saat bertemu dengan Zelensky juga memastikan stok gandum yang ada di negara tersebut.


Mantan Walikota Solo ini menyampaikan ada 77 juta ton gandum yang tidak bisa diekspor akibat perang yang berlangsung.


“Waktu saya ke sana saya tanya langsung ke Presiden Zelensky berapa stok yang ada di Ukraina, 22 juta ton. Stok enggak bisa dijual. Dan panen baru ada 55 juta ton. Artinya stok nya sudah 77 juta ton,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-29 Tahun 2022 disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (7/7/2022).


Selanjut, Jokowi juga memastikan hal yang sama saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Jokowi mengungkapkan lebih banyak lagi stok yang belum diekspor karena perang.


“Di Rusia sendiri, saya tanya presiden Putin ada 130 juta ton. Bayangkan berapa ratus juta orang bergantung pada gandum Rusia dan Ukraina,” ungkap Jokowi.


Jokowi menjelaskan, tiga puluh hingga empat puluh persen kebutuhan gandum dunia ada di Ukraina-Rusia. Sehingga, beberapa negara yang membutuhkan gandum mengalami kekurangan pangan yang akut dab berujung kelaparan.


“Dan sekarang sudah mulai di Afrika dan beberapa negara di Asia sudah mulai kekuranganpangan akut, sudah mulai namanya kelaparan,” ucap Jokowi.(*) 

×
Berita Terbaru Update