Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bupati Lamsel Resmikan Pasar Kuliner Podomoro Candimas Natar

Minggu, 15 Mei 2022 | Minggu, Mei 15, 2022 WIB Last Updated 2022-05-15T07:02:16Z

 


MP Lamsel -- Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto meresmikan Pasar Kuliner Podomoro, yang terletak di Desa Candimas, Kecamatan Natar. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan pemotongan tumpeng oleh Bupati Lampung Selatan, Sabtu (14/5/2022).


Nampak hadir dalam peresmian, para pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, Camat Natar beserta Uspika, Kepala Desa beserta aparatur, Tokoh masyarakat dan warga masyarakat Desa Candimas acara tersebut berlokasi di Dusun Candimas IV, RT 011, RW 005 Desa Candimas, Kecamatan Natar.


Nanang Ermanto mengatakan, Pasar merupakan tempat transaksi antara pedagang dengan pembeli. Yang mana, interaksi antar keduanya akan berdampak pada perputaran ekomi pada suatu wilayah.


Oleh karenanya, Nanang meminta agar para pedagang maupun pengelola pasar lebih memperhatikan fasilitas umum, guna meningkatkan kenyamanan para pengunjung pasar. Dengan begitu, pembeli akan meningkat serta perekonomian masyarakat pun akan terus berkembang.


“Berdirinya Pasar Kuliner ini juga harus memperhatikan sarana dan prasarananya, harus dipersiapkan secara matang fasilitas seperti toilet, tempat sampah dan tempat parkirnya. Hal kecil seperti ini jangan dianggap sepele, karena ini bisa mengurangi pengunjung ketika mereka tidak merasakan kenyamanan,” ujar Nanang.


Selaku Pemerintah Daerah, Nanang menyatakan siap mendukung secara penuh kegiatan desa dalam upaya menggali potensi-potensi yang ada, dengan tujuan untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat di desa itu sendiri.


Menurutnya, dengan adanya inovasi Pasar Kuliner Podomoro Desa Candimas dapat dijadikan sebagai langkah strategis oleh masyarakat, dalam memanfaatkan peluang bisnis pada sektor perdagangan.


“Desa harus berkreasi dan berinovasi untuk meningkatkan pendapatan asli desa, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa tersebut,” ujarnya.


Dikesempatan itu, tak lupa Nanang juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Desa Candimas dan seluruh pihak, yang telah turut andil dalam menyukseskan pembuatan Pasar Kuliner Podomoro.


Ia berharap, Pasar Kuliner yang baru diresmikan ini dapat difungsikan sebagaimana mestinya, serta masyarakat juga bisa menjaga kebersihan lingkungan pasar. Sehingga, masyarakat desa setempat dan para pembeli dapat merasa nyaman dan bersih.


“Gunakan Pasar ini sesuai dengan fungsinya, jaga terus kebersihan. Kalau Pasar Kuliner ini bersih, masyarakat sekitar, penjual dan pembeli juga nyaman,” katanya.


Sementara, Kepala Desa Candimas Andre Suwaldi dalam laporan nya mengatakan, pembuatan Pasar Kuliner Podomoro yang terletak di Dusun Candimas IV, RT 011, RW 005 Desa Candimas, terletak diatas lahan milik Pemerintah Desa dan atas prakasa bersama antara masyarakat dengan pemerintah desa Candimas serta biaya yang digunakan pun merupakan swadaya murni para aparatur desa dan masyarakat.


“Pembuatan kios dagangnya pun disesuaikan dengan kebutuhan bersama antara aparatur desa dengan masyarakat. Saat ini, kios yang sudah tersedia sebanyak 21 kios sudah terisi penuh, pasar mulai dibuka pada pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 20:00 WIB. Pembangunan pasar kuliner podomoro ini merupakan upaya pemerintah desa, untuk menguatkan ekonomi kerakyatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Desa Candimas,” jelasnya.


Sementara itu, Handayani salah seorang pedagang Pasar Kuliner Podomoro mengaku, sangat bersyukur dan bahagia dengan adanya Pasar Kuliner ini. Dirinya berharap, dengan adanya Pasar Kuliner ini, dapat meningkatkan penghasilan para pedagang.


“Alhamdulillah bisa buat menambah penghasilan, setidak nya bisa buat tambah-tambah kebutuhan keluarga, dari hasil jualan di pasar kuliner yang sudah berjalan dari sebelum puasa ramadhan kemaren,” ucapnya.(Sho/Kmf).

×
Berita Terbaru Update