Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

5 Kampung Di Lampung Tengah Akan Gunakan Sistem E--Voting Pada Pemilihan Kepala Kampung

Jumat, 25 Maret 2022 | Jumat, Maret 25, 2022 WIB Last Updated 2022-03-25T13:25:49Z


MP Lampung Tengah -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah menggelar kegiatan simulasi pemilihan kepala kampung (Pilkakam) secara E--Voting diLampung Tengah. Kegiatan dilaksanakan di Balai Kampung Wates, Jum'at (25/3/2022).


Sistem E--Voting merupakan sebuah sistem yang memanfaatkan perangkat elektronik dan mengelola informasi digital untuk membuat surat suara, memberikan suara, menghitung perolehan suara, mengirim hasil perolehan suara, menayangkan hasil perolehan suara serta memelihara dan menghasilkan perhitungan suara.


Terkait perihal sistem tersebut, menurut penjelasan yang disampaikan oleh Dr. Yusharto Huntoyungo selaku Dirjen Bina pemerintahan desa kementerian dalam negeri dalam sambutannya, bahwa, dimana program sistem itu merupakan sebuah terobosan yang mana telah digagas pada tahun 2012 silam dan diaplikasikan pada tahun 2013.


Dikatakan juga oleh dia, bahwasanya program tersebut sampai saat ini telah dipakai dan diaplikasikan di sebanyak 11 Provinsi, 17 Kabupaten, dan 981 pemilihan kepala desa (Pilkades) diseluruh negara Indonesia. Karena hal itu, pada hari ini program E--Voting digelar simulasi di Kabupaten Lampung Tengah, karena program itu banyak manfaat bagi Pemkab Lampung Tengah.


“Program ini ialah terobosan yang digagas tahun 2012 dan diaplikasikan tahun 2013 yang silam. Sejauh ini, E--Voting sudah diaplikasikan di 11 provinsi, 17 Kabupaten, dan 981 Pilkades di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, maka hari ini kita adakan simulasi di Kabupaten Lampung Tengah, karena dengan program ini, banyak manfaat yang dapat diperoleh Pemkab Lampung Tengah,” Jelas Dirjen Yusharto.


Sementara itu Bupati Lampung Tengah, H. Musa Ahmad sangat menyambut baik dan mengapresiasi terobosan E--Voting dimana melalui dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Lampung Tengah tersebut. Karena menurut Bupati Musa, dengan diaplikasikan nya program tersebut, maka ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dan dirasakan.


“Saya sangat mengapresiasi terobosan ini, karena dengan begitu beberapa manfaat dapat kita rasakan seperti hal nya, Efesiensi dan efektif, penghitungan suara lebih cepat, tidak ada duplikat data pemilihan, tidak ada surat suara rusak, serta dapat menghemat biaya dalam jangka panjang,” Pungkas Bupati Musa Ahmad.


Ditambahkan juga oleh dia, “Terkait mengaplikasikan terobosan program ini, untuk di Kabupaten Lampung Tengah sendiri, akan dimulai dengan menggunakan sistem E--Voting ini pada 5 pemilihan kepala kampung (Pilkakam) dan apabila program ini sukses, nantinya harapan saya seluruh pemilihan kepala kampung (Pilkakam) di Kabupaten Lampung Tengah akan kita gunakan E--Voting ini,” kata Bupati Musa.


Tampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain yaitu, Bupati Musa Ahmad, Dr. Yusharto Huntoyungo selaku Dirjen Bina pemerintahan desa kementerian dalam negeri republik Indonesia, Nirlan selaku Sekretaris Daerah (Sekda), jajaran Forkopimda, kepala perangkat daerah, para Camat serta para tamu undangan lainnya. (Tori)

×
Berita Terbaru Update