Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dewan Pers Larang Wartawan Minta THR Pada Pejabat

Rabu, 03 April 2024 | Rabu, April 03, 2024 WIB Last Updated 2024-04-03T13:18:07Z

 


MP Jakarta -- Dengan Menjelang nya hari raya yang dimana dikenal oleh umat Muslim sebagai hari kemenangan setelah melakukan puasa selama satu bulan penuh pada bulan suci Ramadhan, maka dengan itu, mengingat Hati Raya Idul Fitri yang kian semakin dekat ini, Dewan Pers melarang wartawan untuk meminta Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pejabat. Rabu (3/4/2024) 


Larangan itu dimuat dalam Surat Edaran Dewan Pers Nomor: 346/DP/K/III/2024, perihal Imbauan Dewan Pers Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.


Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengatakan, jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, atau lebaran yang akan jatuh pada 10 -11 April 2024 ini, Dewan Pers mengimbau semua pihak untuk tidak melayani permintaan Tunjangan Hari Raya (THR) dari insan pers.


“Dewan pers mengimbau kepada semua pihak untuk tidak melayani pemberian THR, permintaan barang, permintaan sumbangan dalam bentuk apapun yang mungkin diajukan mengatasnamakan media, baik dari organisasi pers, perusahaan pers, maupun organisasi wartawan,” ujar Ninik dalam siaran pers yang diterima MediaPanglima.com tepat pada, Senin 1 April 2024.


Ninik menegaskan, larangan ini diberlakukan karena untuk menghindari penipuan dan penyalahgunaan profesi wartawan oleh para oknum yang mengaku-ngaku sebagai wartawan, organisasi wartawan, organisasi perusahaan pers, ataupun media.


“Sikap Dewan Pers ini dilandasi sikap moral dan etika profesi dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakan integritas serta menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme kewartawanan. Juga untuk mendukung upaya pemberantasan praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN),” ungkapnya.


Ninik menambahkan, Dewan Pers tidak bisa menolerir adanya praktek buruk dimana wartawan, perusahaan pers, atau organisasi wartawan yang semakin banyak bermunculan, meminta-minta THR.


“Pemberian THR kepada wartawan adalah menjadi kewajiban setiap perusahaan pers kepada pegawai atau wartawannya. Bila ada oknum wartawan yang mengaku dari media ataupun sebuah organisasi wartawan menghubungi meminta THR, wajib untuk menolaknya,” jelasnya.


Menurut Ninik, jika ada yang meminta dengan cara memaksa, memeras, atau bahkan mengancam, diminta untuk mencatat identitas atau nomor telepon atau alamat oknum dan melaporkannya ke kantor polisi terdekat. (Agy Umbara)

×
Berita Terbaru Update