Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Operasi Mantab Brata Krakatau 2023-2024, Polda Lampung Minimalisir Rawan Di TPS

Senin, 12 Februari 2024 | Senin, Februari 12, 2024 WIB Last Updated 2024-02-12T17:34:05Z

MP Lampung - Ribuan Personel Polda Lampung bersiap melaksanakan pergeseran tugasnya Senin pagi, di Lapangan Apel Mapolda Lampung, (12/02/2024).

Apel tersebut dalam rangka Persiapan para pasukan yang akan bertugas selama 3 (tiga) hari, mulai dari tanggal 13 hingga 15 Februari 2024, dalam pengamanan tahap pemungutan suara Pemilu 2024 di wilayah hukum Polda Lampung.

Puluhan ribu personil dari berbagai unsur, termasuk 1880 personil Polda Lampung yang terdiri dari 882 untuk PAM TPS, 581 personil Brimob, dan 417 personil Samapta, akan menyusuri setiap sudut wilayah hukum Polda Lampung. 

Fokus utama tak lain adalah memastikan keamanan dan kelancaran proses Pemilu di 25.825 TPS yang tersebar di seluruh wilayah tersebut.

Dalam arahannya, Kapolda Lampung, Irjen Pol. Helmy Santika, menyampaikan urgensi kesiapan maksimal. 

"Fisik dan mental harus terjaga, didukung oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi," ucapnya. 

Dalam upaya menjaga integritas dan keselamatan, pasukan diingatkan untuk mematuhi aturan perundang-undangan serta SOP pengamanan di TPS.

"Koordinasi erat dengan Polres/Polsek jajaran juga menjadi poin penting. Setibanya di wilayah tugas, pasukan diinstruksikan untuk segera berkoordinasi dengan Kapolres dan Kapolsek guna memahami situasi dan kondisi terkini di lapangan," ujarnya.

Kapolda Lampung juga menegaskan, untuk menghindari pelanggaran dan penyimpangan, pengawalan logistik pemilu hingga sampai di PPK.

"Setiap pasukan diberi tanggung jawab untuk memberikan pengawalan ketat terhadap kotak dan surat suara, pastikan logistik pemilu aman sampai di PPK," tegas Kapolda.

Selain itu, Kapolda Lampung, Waka Polda Lampung, dan seluruh PJU Polda Lampung kemudian langsung mengecek pasukan, untuk memastikan kesiapan dan pemahaman tugas yang tinggi terkait pengamanan Pemilu. 

Momen bersejarah ini, semakin memperkuat keyakinan akan kesiapan pasukan dalam menghadapi tantangan besar dalam proses Demokrasi. (*) 
×
Berita Terbaru Update