Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kembali Digelar, Seminar Digitalisasi Masjid dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan, DMI Adakan Di Kec. Gunung Terang

Jumat, 12 Januari 2024 | Jumat, Januari 12, 2024 WIB Last Updated 2024-01-12T02:15:34Z

 


MP Tubaba - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tulang Bawang Barat (Tubaba) kembali menggelar Seminar Digitalisasi Masjid dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Aula Balai Tiyuh Mulyo Jadi, Kecamatan Gunung Terang, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung. Kamis, (11/01/24). 


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum M. Rasyidi, Ketua Baznas Tubaba H. Purwanto serta Jajaran, Kadis BPBD Tubaba Sujatmiko, Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Nisom, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Lampung Tengah Adi Hendarto serta Jajaran, Bank Syariah Indonesia (BSI) Feri serta Jajaran. 


Kemudian, dihadiri Kelapa OPD Bagian Kesejahteraan Rakyat serta Jajaran, Camat Gunung Terang, Camat Gunung Agung, Camat Batu Putih, Sekertaris Dispenda serta Jajaran, Sekertaris Dinas Kesehatan, Sekertaris Dinas DP3A, KUA Gunung Terang serta Jajaran, Sekdes Tiyuh Mulyo Jadi serta Jajaran dan seluruh pengurus masjid/mushola di 3 (tiga) Kecamatan Gunung Terang, Gunung Agung dan Batu Putih. 


Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pengurus masjid/mushalla dan diharapkan juga meningkatkan kesejahteraan. 


Sebelum acara tersebut dibuka oleh Pejabat Bupati (PJ) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada dalam hal ini, diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum M. Rasyidi. Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tulang Bawang Barat (Tubaba) H. Nurkholis Majid menyampaikan beberapa hal sekaligus harapan kedepannya. 


"Saya selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tulang Bawang Barat (Tubaba) menghaturkan terimakasih kepada seluruh pengurus masjid/mushalla yang berada di Kecamatan Gunung Terang, Kecamatan Gunung Agung dan Kecamatan Batu Putih, telah menyempatkan waktu dan telah berkenan mengikuti acara Seminar Digitalisasi Masjid dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan pada hari ini, " ungkapnya H. Nurkholis Majid. 


Lanjut, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tulang Bawang Barat (Tubaba) H. Nurkholis Majid mengharapkan, "Semoga dengan adanya seminar dan program yang akan dilaksanakan dan yang sudah berjalan dapat menjadikan para pengurus masjid dan masyarakat menjadi lebih diperhatikan serta lebih sejahtera," harapnya H. Nurkholis Majid. 


Selanjutnya, Pejabat Bupati (PJ) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada dalam hal ini, diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum M. Rasyidi untuk membuka acara Seminar Digitalisasi Masjid dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan. 


Pejabat Bupati (PJ) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada dalam hal ini, diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum M. Rasyidi mengatakan, "Masjid memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan umat Islam. Masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah semata, tetapi juga sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat. Oleh karena itu, digitalisasi masjid menjadi suatu keharusan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang seiring berjalannya zaman,” kata M. Rasyidi. 


Lanjut, Pejabat Bupati (PJ) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada dalam hal ini, diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum M. Rasyidi menyampaikan, "Digitalisasi, diharapkan manajemen masjid dapat lebih efisien dan transparan, serta dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada jamaah dan masyarakat umum," ujarnya M. Rasyidi. 


Sementara itu, Pejabat Bupati (PJ) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada dalam hal ini, diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum M. Rasyidi menerangkan, "Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan yang dilaksanakan juga penting untuk dipahami oleh para pengurus masjid. Sebab, BPJS Ketenagakerjaan membawa manfaat yang besar bagi para pekerja, termasuk karyawan masjid," terangnya M. Rasyidi. 


Kemudian, Pejabat Bupati (PJ) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada dalam hal ini, diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum M. Rasyidi menjelaskan, "Dengan bergabung di BPJS Ketenagakerjaan, para pekerja akan mendapatkan perlindungan dan jaminan terhadap risiko sosial ekonomi. Sehingga dapat merasa lebih aman dalam bekerja dan kehidupan sehari-hari," jelasnya M. Rasyidi. 


Lanjut, Pejabat Bupati (PJ) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada dalam hal ini, diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum M. Rasyidi mengharapkan, "Saya berharap para pengurus masjid dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai Digitalisasi Masjid dan pentingnya sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan. Dengan demikian, diharapkan pengelolaan masjid khususnya di Tubaba dapat lebih terarah, transparan, dan berkelanjutan," harapnya M. Rasyidi. 


Terakhir, Pejabat Bupati (PJ) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada dalam hal ini, diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum M. Rasyidi mendoakan, "Semoga acara Seminar Digitalisasi Masjid dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para pengurus masjid di daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat yang kita cintai,” pungkasnya M. Rasyidi. 


Sementara dalam kesempatan yang sama, anggota majelis Ekonomi Syariah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Githo juga menyampaikan beberapa hal terkait dibentuknya DMI Tubaba, Program DMI Tubaba yang sudah berjalan dan digelarnya Sosialisasi Digitalisasi Masjid serta Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan, bahwa kolaborasi dengan BAZNAS, BPJS ketenagakerjaan, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan D'BOOSTER Indonesia. 


Anggota majelis Ekonomi Syariah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Githo mengatakan, "Tujuan utama dibentuknya Dewan Masjid Indonesia (DMI) agar memaksimalkan fungsi masjid. Masjid bukan hanya sebagai pusat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kajian Ilmu Ekonomi dan Sosial Kemasyarakatan," kata Githo. 


Kemudian, anggota majelis Ekonomi Syariah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Githo menyampaikan, "Dewan Masjid Indonesia (DMI) adalah Mitra Strategis Pemerintah Daerah (Pemda). Selain itu, Dewan Masjid Indonesia (DMI) juga merupakan salah satu komponen penting diantara ormas-ormas Islam lainnya di Kabupaten Tulang Bawang Barat," ujarnya Githo. 


Lanjut, Anggota majelis Ekonomi Syariah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Githo menjelaskan, "Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) yakni dibawah kepemimpinan Bpk H. Nurkolis Masjid yang senantiasa menguatkan sinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda)," jelasnya Githo. 


Disisi lain, anggota majelis Ekonomi Syariah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Githo menerangkan, "Adapun program DMI Tubaba yang sudah berjalan yakni, meliputi Pelatihan Khotib Masjid, lomba membuat Naskah Khutbah Jum'at dan Kerjasama dengan Yayasan Bina Muwahidin Surabaya terkait bantuan Masjid dari donatur Arab Saudi, sehingga telah terbangun lebih kurang 15 (lima belas) Masjid dan Mushola yang berada di 3 (tiga) Kecamatan TBT, TBU dan Tumijajar. Kemudian ditambah program hari ini, Seminar Digitalisasi Masjid dan Mushola serta Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan kurang lebih 600 masjid", terangnya Githo.


Terakhir, anggota majelis Ekonomi Syariah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Githo menyampaikan, "Kegiatan Sosialisasi Digitalisasi Masjid dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan ini, bekerja sama dengan BAZNAS Tubaba, BPJS ketenagakerjaan dan Bank Syariah Indonesia serta D'BOOSTER Indonesia. Kemudian kegiatan ini, selain untuk meningkatkan kompetensi para pengurus masjid/mushalla diharapkan juga meningkatkan kesejahteraan mereka dan khususnya masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang Barat pada umumnya," pungkasnya Githo. 

(Kod)

×
Berita Terbaru Update