Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gabungan Wartawan Dan LSM Gelar Aksi Damai Di Depan Kantor Bupati Tanggamus, Ini Tuntutan Nya.

Selasa, 09 Januari 2024 | Selasa, Januari 09, 2024 WIB Last Updated 2024-01-09T12:30:04Z

 


MP TANGGAMUS - Gabung wartawan dari berbagai lembaga Pers yang berkolaborasi dengan LSM melakukan aksi damai di depan kantor Sekretariat Bupati Kabupaten Tanggamus, pada Senin 8 Januari 2024.


Aksi damai yang digelar di depan kantor Sekretariat Bupati tersebut sebagai bentuk protes terhadap pemerintah kabupaten setempat atas carut marut nya pengelolaan anggaran publikasi terhadap sejumlah perusahaan media tahun 2023 lalu.


Dalam aksi tersebut, tuntutan para aksi yang disampaikan diantaranya, meminta Pj Bupati Tanggamus mencopot oknum pejabat yang menyalahgunakan wewenang di setiap dinas di Kabupaten Tanggamus.


Meminta Inspektorat Kabupaten Tanggamus mengaudit anggaran yang diduga diselewengkan oleh oknum-oknum pejabat di Kabupaten setempat. Dan menuntut dana advetorial media di kabupaten Tanggamus agar di bayarkan secara lunas.


Sementara Ketua Asosiasi Jurnalis Online Lampung (AJO-L) Budi WM menyampaikan beberapa tuntutan yakni;

Pertama, meminta pembayaran Advetorial (ADV) yang belum terbayar agar segera dibayar full.


Kedua, meminta Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus berlaku adil dan juga transparan dalam mengalokasikan dana publikasi dan Advetorial sesuai harga per satu eksemplar (HPS).


Ketiga, meminta agar Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus tidak membeda-bedakan budget setiap media khususnya media online.


Keempat, meminta supaya dinas terkait mengurangi kesenjangan sosial setiap media, bentuk-bentuk kebijakan dan pengalokasian budget setiap media dan apapun bentuknya harus ada koordinasi dari setiap lembaga profesi wartawan yang ada di Kabupaten Tanggamus.


"Jika tuntutan ini tidak dipenuhi dalam tempo singkat, maka akan kami bawa ke APH Kejati dan audiensi dengan BPK serta konsultasi ke pihak audit independent untuk mengusut dugaan ini," kata Budi.


Atas aksi tersebut, Pemkab Tanggamus yang di wakili oleh Suaidi Asisten I Setdakab Tanggamus mewakili Pj Bupati Tanggamus mengadakan audensi bersama perwakilan tiap media dan LSM.


Dalam audensi itu, Suaidi menyampaikan, terjadinya ketimpangan ini disebabkan adanya kekurangan anggaran di Pemda Tanggamus.


"Kami berharap atas nama pemerintah daerah meminta maaf untuk tahun 2023 kita memeng mengalami kekurangan anggaran, namun kita akan memperbaikinya di tahun 2024 ini dengan memberikan win-win solution" kata Suaidi.


Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus, Suhartono bahwa kondisi keuangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus memang mengalami kekurangan anggaran.


"Sehingga apa yang diharapkan tidak sesuai dengan keinginan rekan-rekan, dan hal ini menjadi masalah di seluruh kabupaten di Indonesia, harapan kami di tahun 2024 kita akan lebih baik lagi" tandasnya.(Obi/tim)

×
Berita Terbaru Update