Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mantan Kades & Sekdes Desa Kibang Lamtim, Sebut Dana BUMDES Nya Bermasalah

Kamis, 28 Desember 2023 | Kamis, Desember 28, 2023 WIB Last Updated 2023-12-28T10:07:44Z

 


MP Lampung Timur - Ketua pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Kibang Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur, Diduga telah korupsi Dana bantuan untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Kibang, Kamis (28/12/2023). 


Atas adanya dugaan penyalahgunaan Dana BUMDES, yang telah disalurkan oleh Pemerintah Pusat pada tahun 2017 lalu, agar di kembangkan sebagai bentuk modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), guna untuk kemajuan dan perkembangan Desa, namun Dana BUMDES tersebut lenyap entah kemana. 


Terkait prihal tersebut, Winarno yang menjabat sebagai Kepala Desa, di Desa Kibang sebelumnya, menerangkan saat ditemui oleh awak media di kediaman nya, pada Rabu (27/12/2023), Winarno membenarkan bahwa, memang benar Dana BUMDES Desa Kibang itu bermasalah dalam pengelolaan nya, karena Dana BUMDES tersebut tidak berjalan. 


Lebih lanjut, Winarno menjelaskan "Sebelum saya menjabat sebagai kepala Desa di Desa Kibang, itu ketua BUMDES nya pak Muslim, dan pada waktu beliau masih menjabat sebagai ketua BUMDES, itu masih berjalan usaha BUMDES nya, kalau gak salah itu dibuat usaha BRI Link," Ucapnya. 


Masih Winarno, "Untuk diketahui bahwa Pak Muslim bukan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saat dia sebagai Ketua Bumdes,dirinya juga perbantukan untuk acara di bidang pernikahan yang di utus oleh Kantor Urusan Agama (KUA). Dan karena merasa sibuk, maka sewaktu saya menjabat sebagai kepala desa beliau mengundurkan diri sebagai ketua BUMDES, lalu kemudian dibetuk lah Ketua BUMDES yang baru, dan itu atas kesepakatan bersama, "ujar Winarno.


Setelah melakukan musyawarah, sambung Winarno, "Tias selaku ketua BUMDES terpilih yang menggantikan pak Muslim, Bumdes itu mulai macet dan tidak berjalan. Dan dengar-dengar si Tias ini, mengalami kerugian dalam usaha pribadi nya, untuk permasalahan beliau mengalami kerugian di bidang usaha nya, saya kurang paham, karena itu masalah pribadi, iya mungkin biasa lah nama nya anak muda saya juga kurang paham," Beber dia. 


Masih sambung Dia lagi, "Dan untuk saat ini, kayak nya ketua BUMDES sudah tidak ada lagi di rumah nya, karena depan rumah nya sudah ada pelang di jual, kayak nya dia sudah pergi merantau, entah kemana dia pergi merantau nya, entah dia ke gunung apa kemana, saya gak paham dan saya juga gak tau," Ujar Winarno.


"Untuk lebih jelas silahkan sampean konfirmasi dengan pak sekdes, kerena beliau lebih memahami. Dan saya juga sudah mengundurkan diri sebagai Kepala Desa, Desa Kibang pada bulan Mei 2023 kamaren, karena saya mau nyalon sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Timur" Imbuh Winarno. 


Disisi lain, pada hari yang sama dan di tempat yang berbeda, media ini coba menkonfirmasi Gunawan selaku Sekdes Desa Kibang, dan dirinya mengatakan bahwa, "Kalau pak Winarno mengatakan tidak begitu paham masalah Dana BUMDES tersebut, itu hal yang mustahil, karena pada saat itu dia yang menunjukkan Tias untuk menggantikan Pak Muslim, atas kesepakatan bersama, dan bahkan dia juga yang mengeluarkan SK," Jelas Sekdes Gunawan.


Dia juga melanjutkan, "Kalau untuk penambahan Dana BUMDES pada jaman pak Win di tahun 2021, apa 2022, saya lupa, itu kayak nya memang tidak ada, " Ungkap Gunawan. 


Jadi, kalau bicara permasalahan Dana BUMDES Desa Kibang, kata Gunawan, "hal itu memang betul bermasalah, dan ketua BUMDES nya juga beberapa Minggu yang lalu sudah di periksa oleh pihak Inspektorat dari Kabupaten Lampung Timur. Dan untuk hasil dari pemeriksaan itu, mereka meminta bantu untuk mengumpulkan aset-aset pelaporan penggunaan dari Dana BUMDES tersebut, namun sampai saat ini aset-aset pelaporan itu belum ada, " Papar Gunawan. (Fatul)

×
Berita Terbaru Update