Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Danrem 043/Gatam Pimpin Upacara HUT KE-78 TNI Tahun 2023

Kamis, 05 Oktober 2023 | Kamis, Oktober 05, 2023 WIB Last Updated 2023-10-05T09:25:05Z


MP Lampung - Upacara memperingi HUT Ke-78 TNI, Rabu 5 Oktober 2022 mengusung tema “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”, Provinsi Lampung di pusatkan di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung, berlangsung penuh khidmat.


Dalam amanatnya Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan  Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E, menyampaikan TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun, berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.


“Berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei di tanah air TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri, untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini“.


“Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan. Setelah Pandemi Covid-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial,“ tuturnya.


Lebih lanjut disampaikan Danrem mengenai situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dan krisis di berbagai belahan dunia. Di momentum ulang tahun ke-78 TNI, sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh. 


“Memperingatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera“.


“Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024,  kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan".


“Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk,“ terangnya. 


Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas segala limpahan rahmat dan karunianya, serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat hingga TNI genap berusia 78 tahun, usai pelaksanaan upacara, digelar juga acara syukuran.


Dikesempatan tersebut juga Kapolda Lampung, Danrem 043/Gatam, wakapolda Danlanal Lampung, Dan Lanud PM Bunyamin, berserta para pejabat TNI dan POLRI Provinsi Lampung, menyaksikan Penandatanganan MoU TNI-Polri, oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bersama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.


Pgs. Kepala Penerangan Korem 043/Gatam, Lettu Inf Yudi Yanda, menyampaikan sebelum acara ini terselenggara, HUT ke 78 TNI tahun 2023 juga telah melaksanakan serangkaian kegiatan secara serentak di masing-masing Kodim Jajaran Korem 043/Gatam, yakni ; Donor Darah, Sunatan masal, pelayanan Kesehatan, Pemberian tali asih kepada 480 orang diantaranya anak anak Stunting, Veteran, purnawirawan dan Warakauwi, dan Ziarah Nasional.


Hadir pada giat Upacara HUT TNI Ke-78 antara lain Gubernur Lampung, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Kapolda / Wakapolda Lampung, Kabinda Lampung, Kasrem 043/Gatam, Asintel Kajati Provinsi Lampung, Parap Kasi Kasrem 043/Gatam,  Danlanal Lampung, Danlanud PM. Bunyamin, Pasintel Brigif 4 Mar/BS, Dansat Brimob Polda Lampung, Sekda Provinsi Lampung, Para Ketua Komisi DPRD Provinsi Lampung, Walikota Bandar Lampung, Para sesepuh purnawirawan TNI.


Tampak juga, Kepala Dinas dan Unsur Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Se Provinsi Lampung, Para PU Polda Lampung, Para Kapolresta Jajaran Polda Lampung, Para Dandim Jajaran Korem 043/Gatam, Dan/Ka Satdisjan Jajaran Korem 043/Gatam, Para Rektor perguruan tinggi Negeri, Swasta Wilayah Lampung, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Provinsi Lampung, Para Pimpinan Perusahaan BUMN Swasta dan Pimpinan Bank wilayah Lampung, Para Pimpinan Media Se Provinsi Lampung dan  Para Ketua Organisasi KBT Provinsi Lampung.(Penrem)

×
Berita Terbaru Update