Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mahasiswa ITERA Ikuti Kegiatan Rehabilitasi Terumbu Karang di Pulau Pahawang

Jumat, 29 September 2023 | Jumat, September 29, 2023 WIB Last Updated 2023-09-29T10:44:08Z


MP Bandar Lampung - Mahasiswa ITERA yang berasal dari berbagai program studi mengikuti kegiatan transplantasi karang yang diadakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pahawang. Mereka didampingi oleh Novriadi, M.Si, dosen Biologi Laut dari program studi Biologi Institut Teknologi Sumatera.


Kegiatan berlangsung pada tanggal 28 September 2023 dan berlokasi di desa Pahawang.  


Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan edukasi pentingnya menjaga ekosistem terumbu karang dan penjabaran hasil penelitian tentang seberapa besar kerusakan terumbu karang di desa Pahawang. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di dusun 3 Jelarangan.


Selanjutnya peserta diajak berkunjung ke 9 spot snorkeling yang ada di desa Pahawang dan mencoba melakukan transplantasi karang bersama masyarakat lokal.


Erwin selaku ketua Pokdarwis mengatakan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan kepada para pelaku wisata. Hal serupa juga disampaikan oleh Nasrudin selaku ketua Bumdes Pahawang.


Ia menambahkan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke desa Pahawang sebagai upaya peningkatan pendapatan masyarakat lokal dari aktivitas pariwisata yang berkelanjutan. 


Acara ini mendapat dukungan dari para pengusaha sektor pariwisata seperti pengelola villa di pulau pahawang dalam bentuk dukungan material struktur transplantasi karang.


Ahmad Salim sebagai kepala desa menyampaikan terima kasih kepada para dosen dari ITERA atas pendampingan dan upaya edukasi kepada masyarakat Pahawang.


Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. Ia berharap lebih banyak lagi pihak yang dapat terlibat dan ikut serta dalam kegiatan wisata edukasi semacam ini. (*)

×
Berita Terbaru Update