Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Launching Perdana Kemitraan Budidaya Singkong Melalui Program CSV di Kabupaten Mesuji.

Jumat, 09 Juni 2023 | Jumat, Juni 09, 2023 WIB Last Updated 2023-06-09T00:25:31Z

 


MP Mesuji - Pemerintah Kabupaten Mesuji bersama PT. Umas Jaya Agrotama me-Launching Cassava Partnership program kerjasama budidaya singkong dengan masyarakat Bertempat di desa Bukoposo Kecamatan Way Serdang. Kamis ( 8/06/2023 )


Dalam sambutanya, Penjabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar, MM yang di wakili Sekda Kabupaten Mesuji Syamsudin, S.Sos Menyampaikan dan menjelaskan tentang keunggulan Program Kemitraan ini.


"Sebelumnya program ini adalah program kemitraan terkait pengembangan pisang cavendish, namun setelah melakukan kajian mendalam tentang kondisi tanah faktor air dan cuaca kami akan menggantikan dengan budidaya singkong," sebut Syamsudin.


Kedepan masyarakat dapat mengikuti program kemitraan ini agar kesejahteraan juga dapat dirasakan oleh masyarakat sendiri, untuk awal dimulainya program ini akan dilaksanakan tahap pertama sebanyak 4.24 hektar, Ujar Syamsudin


Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan kawasan transmigrasi  kementerian Pedesaan dan daerah tertinggal (Kemendes PDT) Ir. Danton Ginting Munthe. M.M menjelaskan.


"Partnership dan CSV merupakan program kemitraan budidaya singkong yang pertama kalinya di Indonesia, baru pertama kali di Mesuji," jelasnya.


Harapannya kemitraan ini hadir sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap masyarakat dalam bentuk investasi di daerah transmigrasi. tambah Ginting.


Program ini memberikan kepastian harga kepada petani, petani mitra akan mendapat prioritas, Memberikan kepastian pasar, Prioritas terhadap kepastian pupuk bagi mitra dan. Segala sesuatu yang dapat meningkatkan produktivitas petani singkong, Tutup Ginting


Jaka Salah Seorang warga menambahkan, mudah mudahan Program ini memberikan Manfaat kepada para petani yang ada di Kabupaten Mesuji khususnya para petani Singkong seperti sistem kemitraan yang dibuat melalui Koperasi, yang dilakukan oleh PT. Sumber Indah Perkasa (SIP) dalam kemitraan tanaman Kelapa Sawit dengan para petani.


Hadir Dalam Kegiatan Acara Tersebut Dirjen PPKT Kemendes PDT Danton Ginting Munthe Penjabat Bupati Mesuji yang di Wakili oleh Sekda Kabupaten Mesuji Syamsudin, Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Mesuji Najmul Fikri, Kepala Dinas PMD Kabupaten Mesuji Anwar Pamuji, Kepala Bapelitbangda Kabupaten Mesuji Abu Rosid Istomi, Perwakilan PT. Umas Jaya Agrotama, Camat Way Serdang, Kepala Desa Se-kecamatan Way Serdang dan Tamu Undangan . (Steri Hananya)

×
Berita Terbaru Update