Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gelar Pangeran Ternate, Jokowi: Kearifan Lokal Harus Dirawat

Rabu, 28 September 2022 | Rabu, September 28, 2022 WIB Last Updated 2022-09-28T05:09:59Z


MP Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima gelar dari Kesultanan Ternate sebagai Pangeran Kesultanan Ternate. Menggunakan pakaian kebesaran Roke, pemberian gelar kepada Jokowi melalui prosesi adat di Kedaton Sultan Ternate.


Jokowi disampingi langsung oleh Sultan Ternate, Hidayatullah Sjah saat penobatan gelar. Jokowi mengatakan senang mendapat apresiasi dari Kesultanan Ternate.


“Ini adat tradisi kearifan lokal harus terus kita jaga. Kita sangat mengapresiasi apa yang dikerjakan oleh Kesultanan Ternate, menjaga dan merawat adat tradisi kearifan lokal,” ucap Jokowi dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (28/9/2022).


Jokowi menuturkan, kekayaan adat dan kearifan lokal Indonesia hari menjadi dasar norma kehidupan bangsa. Sehingga, dirinya sering mengingatkan dalam berbagai kesempatan.


“Sehingga ini yang sering saya sampaikan berkepribadian, berkebudayaan,” ucap Jokowi.


Mantan Walikota Solo ini mengingatkan agar terus menjaga adat istiadat yang ada. Menurut dia, keberagaman harus menjadi elemen yang mempersatukan.


“Inilah pentingnya menjaga adat tradisi, karena negara besar yang penuh dengan bermacam adat. yang harus kita rawat sebagai sebuah kekuatan, bukan memecah tapi mempersatukan,” tutup Jokowi.


Sebelumnya, Jokowi juga menerima gelar dari Kesultanan Buton. Jokowi diberi gelar La Ode Muhamad Joko Widodo Lakina Bawaangi Yi Nusantara.(*) 

×
Berita Terbaru Update