Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pelatihan Peningkatan Kemampuan Dalmas Rayonisasi II Polda Lampung di Kabupaten Tulang Bawang Barat

Selasa, 30 Agustus 2022 | Selasa, Agustus 30, 2022 WIB Last Updated 2022-08-30T14:34:58Z


MP Tulang Bawang Barat -- Wadir Samapta Polda Lampung AKBP Andy Siswantoro, S.I.K ,membuka secara resmi Pelatihan Peningkatan Kemampuan Dalmas Polda Lampung Rayonisasi II Pelatihan tersebut dilaksanakan  di Lapangan Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Tulang Bawang Barat pada hari Selasa 30 Agustus 2022.


Kegiatan dihadiri oleh Kabagbinopsnal Dit Samapta Polda Lampung AKBP Subhan, S.H., M.M, Kasubdit Dalmas Polda Lampung AKBP TRI Hendro Prasetyo, S.H, PLH Kasi Pasdal Dit Samapta Polda Lampung Kompol David Jackson Sianipar S.I.K, KASI NEGO Dit Samapta Polda Lampung Kompol Yohanes Goersil, S.H, Waka Polres Tulang Bawang Barat Kompol Gusti Iwan Wijaya,S.H.,M.Si, Kasat Sat Sampta dari masing - masing Polres Rayonisasi 2 Polda Lampung dan Pleton dalmas dari masing - masing Polres Rayonisasi 2 Polda Lampung -+ 300 orang serta Bullshit -+ 50 orang.


Wadir Samapta Polda Lampung pada arahannya  mengatakan bahwa dalam pellatihan Dalmas ini diikuti oleh Lk 350 Anggota Polri dalmas sabhara dan perwakilan dari Polres jajaran Rayonsasi II Polda Lampung yaitu Polres Mesuji, Polres Tulang Bawang Barat, Polres Tulang Bawang, Polres Lampung Timur dan Polres Lampung Tengah.


Kegiatan digelar dilapangan Pemda Tulang Bawang Barat dan dilatih langsung oleh Wadir Samapta Polda Lampung AKBP Andy Siswantoro, S.I.K dan para pejabat Direktorat Samapta Polda Lampung, Dengan waktu yang singkat ini tidaklah mungkin peserta dapat menyerap segala ilmu yang dutularkan oleh pelatih namun setidaknya ada gambaran bagaimana cara menghadapi massa atau aksi Demo.


Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota dalam menangggulangi aksi unjuk rasa.


“Pelatihan ini juga bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan,” tutur Wadir Samapta.


Selain itu juga, untuk mengingatkan kembali dalam gerakan maupun formasi Dalmas, dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya yang terjadi di wilayah hukum di 5 kabupaten nantinya terutama menjelang kenaikan harga BBM.


“Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya,”jelas Wadir Samapta.


Bahwa dalam pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat dilapangan.kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) dilapangan.


“Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa imbuhnya. (humas_tubaba).

×
Berita Terbaru Update