Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mahasiswa KKN UNRI dan UIN Suska Riau Kolaborasi, Sosialisasikan Jalur Masuk PTN di SMAN 1 Pangkalan Lesung

Sabtu, 27 Agustus 2022 | Sabtu, Agustus 27, 2022 WIB Last Updated 2022-08-27T07:47:08Z

 


MP Pangkalan Lesung -- Sosialisasi Jalur Masuk PTN di SMAN 1 Pangkalan Lesung menjadi salah satu program kerja (Proker) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) desa Genduang Universitas Riau.


Kegiatan ini melibatkan kerja sama antara mahasiswa KKN dari UNRI dengan mahasiswa KKN dari UIN SUSKA RIAU. Sosialisasi Jalur Masuk PTN ini dilakukan pada SMAN 1 Pangkalan Lesung. Dikarenakan sosialisasi ini merupakan kegiatan gabungan, materi yang disampaikan tidak hanya jalur masuk PTN di UNRI namun jalur masuk PTN di UIN SUSKA RIAU juga. Proker ini bertujuan agar memberikan pemahaman bagi calon mahasiswa baru ketika melakukan pendaftaran, pemilihan jurusan dan pelaksanaan ujian tidak salah dan kebingungan. Bila sistem jalur masuk PTN sudah disosialisasikan, maka dapat mengurangi ketidaktahuan mahasiswa baru yang mendaftar mengenai jalur masuk PTN ini. 


Dalam pelaksanaan kegiatan ini, mahasiswa kukerta menyampaikan materi terkait Jalur Masuk PTN di Universitas Riau terdapat 3 jalur seleksi: Pertama, Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kedua, Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dikelola Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), dan ketiga Jalur Mandiri melalui metode Penerimaan Bibit Unggul Daerah (PBUD), Penelusuran Bakat dan Minat (PBM), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN-BARAT) kerja sama antar beberapa Perguruan Tinggi.


Para siswa/i SMAN 1 Pangkalan Lesung sangat antusias dan serius mengikuti sosialisasi ini, terlebih ketika sesi peyampaian seleksi jalur masuk PTN, tahapan seleksi, pola seleksi yang dilakukan, dan biaya pendaftaran jalur seleksi. 


Setelah menyampaikan sosialisasi, mahasiswa kukerta membuka sesi tanya jawab untuk siswa/i SMAN 1 Pangkalan Lesung. Pada saat sesi tanya jawab, para siswa/i aktif menanyakan informasi seputar jalur masuk, jurusan yang ada di UNRI, biaya seleksi dan perkuliahan, beasiswa, serta informasi jurusan apa yang cocok dengan minat dan bakat yang dimiliki siswa/i SMAN 1 Pangkalan Lesung. Sesi tanya jawab berlangsung dengan aktif di mana peserta sosialisasi terutama siswa/i SMAN 1 Pangkalan Lesung menunjukan minat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke PTN.


"Semoga dengan adanya sosialisasi jalur masuk PTN ini dapat memberikan penjelasan kepada siswa/i perihal jalur seleksi yang ada di Universitas Riau dan dapat membangkitkan semangat siswa/i untuk melanjutkan pendidikan sampai di bangku perkuliahan" Ujar Makdar Lumban Gaol. (Givo)

×
Berita Terbaru Update