Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Eva Dwiana Tinjau Penyemprotan Disinfektan Untuk Hindari PMK Pada Ternak

Selasa, 16 Agustus 2022 | Selasa, Agustus 16, 2022 WIB Last Updated 2022-08-31T14:18:32Z

MP Bandar Lampung - Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana meninjau penyemprotan disinfektan dalam rangka antisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) oleh Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung di rumah Bahrun (kelompok sepakat makmur bersama) jalan pulau singkep nomor 59 kecamatan sukabumi, Selasa (16/8/2022).

Eva mengatakan, melalui Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung penyemprotan ini dilakukan untuk mencegah adanya Penyakit Mulut dan Kuku yang terjadi pada ternak yang berada di Bandar Lampung.

"Mudah-mudahan kota Bandar Lampung yang zero untuk PMK, Insyaallah seterusnya," kata Eva Dwiana.

Dalam kesempatan ini, bunda Eva sapaan akrabnya, menginformasikan kepada dinas pertanian untuk melakukan pengecekan di semua kecamatan dan kelurahan.

"Kalau ada ternak kita semprot, dan  nanti kedepan akan kita lakukan vaksin untuk semua ternak yang ada di kota Bandar Lampung. Walaupun ternak di kota Bandar Lampung sedikit tapi harus intensif untuk memantaunya," ujarnya.

Ia juga berharap kepada semua peternak yang memiliki hewan ternak seperti ayam, kambing, sapi, dan ternak lainya yang memang di konsumsi untuk makan agar segera melapor.

" Tolong segera lapor, mudah-mudahan Pemkot bisa memberikan solusi terutama untuk penyemprotan di tempatnya masing-masing. Apalagi kita zero PMK, tentunya ini sangat luar biasa," tegasnya.

Sementara itu, pemilik kandang Bahrun Kholil mengatakan dinas pertanian kota ada penyemprotan desinfektan untuk mengantisipasi penularan wabah PMK. 

"Alhamdulillah sampai saat ini sapi sehat semua,13 sapi saat ini, Insyaallah aman PMK," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan gabungan dalam kelompok ternak sepakat makmur bersama yang beranggotakan 23 orang.

"Kita lakukan cek kesehatan kita berkoordinasi dengan dinas, 3 bulan sekali datang untuk melakukan pengecekan," ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung, Agustini mengatakan bahwa di Kota Bandar Lampung terdapat 117 kandang yang akan kita semprot karena popularitas sapi ada 1930 ekor, dan untuk kambing berjumlah 200 ekor. 

"Kasus PMK '0' atau zero kasus. Sehingga penyemprotan ini kita lakukan umuntuk mencegah PMK," pungkasnya. (NR)
×
Berita Terbaru Update