Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Terus Berinovasi, Kini Puskesmas Terusan Nunyai Bersama Pihak Kecamatan Ciptakan Program Basmi Jelangkung

Rabu, 20 Juli 2022 | Rabu, Juli 20, 2022 WIB Last Updated 2022-07-20T15:35:30Z

 


MP Lampung Tengah -- UPTD Puskesmas Terusan Nunyai bersama dengan pihak Kecamatan setempat terus melakukan terobosan dan inovasi-inovasi dalam rangka sebagai bentuk atau wujud dukungan serta Support terhadap pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah guna mewujudkan apa yang telah menjadi visi dan misi Bupati, Rabu (20/7/2022).


Maka dalam hal itu, UPTD Puskesmas dan Kecamatan Terusan Nunyai, kini telah melaunching suatu program inovasi yaitu, Bersama Kami Jemput Layanan Masyarakat di Kampung (Basmi Jelangkung). Program tersebut telah dilaksanakan untuk yang kedua kalinya, dan tepat pada hari ini, Inovasi Basmi Jelangkung berlangsung di Kampung Gunung Batin Udik (GBU) tepatnya berlokasi di Balai Adat setempat.


Kegiatan Basmi Jelangkung tersebut diisi dengan berbagai macam layanan yakni diantaranya, Khitanan massal metode Laser, USG ibu hamil, Deteksi dini kanker Serviks dan Payudara, pemeriksaan Gula Darah, Kolesterol, tensi darah, rekam jantung, vaksin Covid, Konsultasi Dokter Cantiq, tes Kebugaran dan juga sosialisasi kesehatan reproduksi.


Menanggapi hal tersebut, Istiyahadi selaku Kepala Kampung setempat sangat mengapresiasi serta menyambut dengan sangat baik. Dirinya juga mengungkapkan bahwasanya sangat mendukung kegiatan itu dimana hal tersebut sudah menjadi program inovasi Puskesmas Terusan Nunyai beserta pihak kecamatan setempat.


Hal demikian di ungkapkan nya saat dikonfirmasi oleh MediaPanglima.com di Lokasi. Menurut Kakamp Istiyahadi, program itu merupakan suatu inovasi yang benar-benar sangat baik dan bersifat positif, dimana kegiatan itu sangatlah membantu bagi seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Terusan Nunyai, Kab. Lampung Tengah.


“Saya sangat mendukung program ini, terlebih program ini sangat begitu membantu bagi masyarakat setempat, dimana dalam program ini, pelayanan nya juga cukup banyak. Dan Alhamdulillah juga Program yang digelar hari ini, disambut sangat baik serta masyarakat pun sangat begitu Antusias,” Ujar Kakamp Istiyahadi pada MediaPanglima.com.


Lebih lanjut Kepala Kampung Istiyahadi juga menyampaikan, “Saya berharap kedepannya program Basmi Jelangkung ini dapat menjadi suatu Program Unggulan dan juga dapat semakin maju. Lain dari itu, saya Selaku Kepala Kampung Gunung Batin Udik (GBU) mewakili masyarakat, kami berharap Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di GBU ini, kedepannya dapat menjadi Puskesmas Induk juga,” harap Kakamp Istiyahadi menutup Statmend nya.


Sementara, ditempat yang sama, H. Ns. Yunus selaku Kapuskes Terusan Nunyai, saat dikonfirmasi Media ini, dia mengatakan bahwa, dalam program Inovasi Basmi Jelangkung itu, pelayanannya tidak dipungut biaya (Gratis) dan didalam nya memiliki tiga kegiatan pokok yaitu, Indoor, Outdoor, dan door to door.


Dalam kegiatan Indoor yaitu, “Penimbangan berat badan, tinggi badan, tensi darah, asam urat, Kolesterol, dan gula darah. Hasil itu, akan di konsultasikan dengan dokter dan apabila terdapat indikasi, maka akan dilakukan rekam jantung (EKG), dan mengenai hal ini, kita sudah berkolaborasi dengan pihak RS. YMC dan terkait USG ibu hamil, kita dibantu juga oleh RSIA Puti Bungsu,” jelasnya.


Mengenai Program Inovasi ini, lanjut H. Ns. Yunus, “Akan terus kita laksanakan dengan keliling kesetiap kampung Se-Kecamatan Terusan Nunyai sesuai dengan jadwal yang sudah kita tentukan. Dan program ini, tidak sebates itu saja, melainkan akan kita lakukan secara berkesinambungan, karena hal ini memang sudah menjadi komitmen kita bersama dalam bentuk atau wujud dukungan kita terhadap visi dan misi Bupati Lampung Tengah, H. Musa Ahmad S.sos,” beber nya.


Masih lanjut, “Dimana dalam program ini, terdapat dua bentuk dukungan kita pada visi dan misi Bupati yaitu untuk Lampung Tengah Berjaya. Dan hal ini, wujud dari pada program prioritas Bupati yaitu, Meningkatkan Pelayanan Publik, dan Juga meningkatkan Bidang Kesehatan,” jelas nya.


Menutupi statment nya, H. Ns. Yunus, melalui Media ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pihak RS. YMC dan Juga RSIA Puti Bungsu karena telah turut serta membantu mensukseskan program Inovasi Basmi Jelangkung. (Tori)


×
Berita Terbaru Update